Jakarta, Hariantimes.com - SWO (53), pelanggar seks terhadap WP keponakannya sendi" />
 
Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Senin, 17 Agustus 2019
 
Paman Korban Kejahatan Seksual Segeralah Menyerahkan Diri
Arist: Jangan Persulit Dirimu
Jumat, 11 Januari 2019 - 22:04:56 WIB
Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait.
TERKAIT:

Jakarta, Hariantimes.com - SWO (53), pelanggar seks terhadap WP keponakannya sendiri (16) di salah satu desa di Pematang Bandar, Kabupaten Simalungun akan segera ditangkap dan didakwa dengan tanggung jawab hukum.

Alasannya, berdasarkan UU No.11 tahun 2014 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA), kejahatan seksual yang dilakukan oleh paman korban adalah kejahatan luar biasa.

Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait menyatakan bahwa, berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang amandemen kedua Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menyatakan bahwa hubungan seksual terhadap anak dengan ancaman kekerasan persuasif , trik dan janji untuk anak-anak. Dan ini adalah kejahatan seksual yang dikategorikan sebagai kejahatan luar biasa yang dapat dipenjara selama minimum 10 tahun dan maksimal 20 tahun. Bahkan pelaku dapat diancam dengan hukuman seumur hidup dan hukuman mati.

"Saya mendesak tersangka untuk segera menyerahkan diri kepada Polisi untuk mempertanggungjawabkan tindakannya. Jangan menganiaya diri sendiri," tambah Arist.

Jika terjadi kekerasan seksual yang dialami WP (16) mengakibatkan kehamilan yang saat ini berusia 7 bulan, disebut Arist, Komisi Perlindungan Anak Nasional sebagai lembaga independen yang diberi tugas dan fungsi untuk memberikan perlindungan dan perlindungan anak di Indonesia. 

"Kami diingatkan kepada semua pihak, termasuk kepala desa dan kepala Kecamatan Kota Simalungun, tidak ada alasan untuk membenarkan kekerasan seksual terhadap anak tersebut. Dalam undang-undang perlindungan anak mengatur dengan jelas bahwa siapa pun yang melakukan hubungan seksual melawan anak adalah tindakan kriminal, bahkan jika itu adalah cinta suka, "kata Arist.

Sebagai ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist mengatakan, partainya sangat percaya kepada Kepolisian Distrik Simalungun bahwa dalam waktu dekat pelaku sebagai paman korban segera ditangkap karena dianggap bertanggung jawab oleh hukum.
 
"Sampai hari ini, saya percaya kepada komitmen Kapolres Simalungun AKBP M Liberty Panjaitan. Sebagai putera Siantar, beliau tidak mengenal kompromi dan kata damai terhadap segala bentuk kejahatan seksual. Demikian juga terhadap kejahatan tindak pidana narkoba yang diperangi di wilayahnya. Saya mengenal percaya komitmen beliau," tutur Arist.

Untuk kehamilan korban yang saat ini sudah berusia 7 bulan, sambung Arist. demi kepentingan kesehatan korban dan anak yang dikandungnya,  Komnas Perlindungan Anak Indonesia mendesak Dinas Sosial Kabupaten Simalungun untuk segera memberikan perlindungan bagi ibu dan anak yang dikandung korban.

"Dinas Sosial Kabupaten  Simalungun wajib hadir untuk memberikan pertolongan dan perlindungan yang memadai bagi korban," ujar Arist. 

Sebagai komitmen memberikan pembelaan dan perlindungan bagi korban, lanjut Arist. Komnas Perlindungan Anak bersama Lembaga Perlindungan Anak LPA (LPA) Kabupaten  Simalungun bersama Kepala Dinas PPPA Kabupaten Simalungun akan memberikan dampingan terapy psikologis secara memadai bagi korban.(*/ron) 



 
Berita Lainnya :
  • Arist: Jangan Persulit Dirimu
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Polsek Bukit Batu Goro Perbaiki Jaling Kampung Baru
    02 Syamsuar: Sudah Waktunya Petani Memiliki Industri Hilir Sawit
    03 Puncak Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-235 Dikemas Secara Sederhana
    04 M Hanafi: MSJ Jakarta akan Membuat Registrasi Online
    05 Syahril: Secara Uji Kelayakan, Kita Sudah Gandeng Dishub Riau
    06 Besok, PWI Riau Gelar Halal Bi Halal
    07 Kondisi Jalan Di Benai Memprihatinkan
    08 Polsek Bukit Batu Bakti Religi di Masjid Darul Ihsan
    09 Warga Perum Pondok Ratu Ditangkap Anggota Opsnal Polsek Senapelan
    10 Polisi Cokok Bandar di Sako
    11 Polsek Bukit Batu Beri Bantuan Sembako ke Warga
    12 Kalab Teknik Sipil UIR Ikuti Short Term Program for Laboratory 2019
    13 Kapolres Kuansing Apresiasi Seluruh Jajaran dan Stake Holder Terkait
    14 Agustiar: Hadiah Tiket Umroh ke Tanah Suci
    15 Raja Yosi : Puluhan Kompetitor Berlaga Diajang Antar Kecamatan
    16 Wabup Halim Doakan Kesembuhan Linskar
    17 Supriati : Siap Untuk Kuansing Lebih Baik
    18 BKD Riau Ajukan 10.381 ke Pusat
    19 Wako Pekanbaru Optimis Bisa Memperoleh Poin BB
    20 Gubri Minta Jadi Perhatian Ekstra
    21 Andi Putra : Mari Kita Tatap Kuansing Lebih Baik Kedepannya
    22 Aden Gultom: Cabe Merah, Kentang dan Bawang Putih Penyebab Utama
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public