Home | Nasional | Riau | Ekonomi | Politik | Hukrim | Pendidikan | Sportivitas | Sosialita | Wisata | Indeks Rabu, 17 Agustus 2019
 
Triwulan I/2019
Tanpa Migas, Pertumbuhan Ekonomi Riau 4,38 Persen
Kamis, 11 Juli 2019 - 07:19:13 WIB
Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Riau, Decymus di Aula BI Lantai III, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Rabu (10/07/2019).

Pekanbaru, Hariantimes.com - Pada triwulan I tahun 2019, perekonomian Provinsi Riau tumbuh sebesar 2,88 persen year on year (yoy).

Ini meningkat jika dibandingkan triwulan IV tahun 2018 yang tumbuh 1,28 persen (yoy).

"Apabila dilihat dari pertumbuhan ekonomi tanpa migas, pada triwulan I 2019 tercatat 4,38 persen (yoy). Artinya, lebih tinggi dibandingkan triwulan IV 2018 yang sebesar 2,74 persen (yoy)," terang Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Riau, Decymus di Aula BI Lantai III, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Rabu (10/07/2019).

 Kondisi ini, ungkap Decymus, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Sumatera yang tumbuh meningkat dari 4,46 persen (yoy) pada triwulan IV 2018 menjadi 4,55 persen (yoy) pada triwulan laporan. Sebaliknya, pertumbuhan ekonomi nasional tercatat melambat dari 5,18 persen (yoy) pada triwulan IV 2018 menjadi 5,07 persen (yoy) pada triwulan I 2019.

Dari sisi penggunaan, beber Decymus, meningkatnya pertumbuhan ekonomi Riau pada triwulan I 2019 bersumber dari investasi, konsumsi pemerintah dan konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT). Di mana, meningkatnya pertumbuhan investasi sejalan dengan penyelesaian proyek Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tahun 2018. Sementara itu, meningkatnya konsumsi pemerintah dan konsumsi LNPRT didorong oleh meningkatnya intensitas kegiatan menjelang Pemilu 2019. Sedangkan peningkatan dari sisi lapangan usaha didorong oleh sektor pertanian, industri pengolahan dan konstruksi.

"Meningkatnya permintaan domestik terhadap kertas, percetakan dan makanan minuman mendorong meningkatnya pertumbuhan industri pengolahan yang disertai dengan meningkatnya permintaan bahan baku di tengah perbaikan harga komoditas turut mendorong pertumbuhan sektor pertanian," ulas Decymus.

Memasuki triwulan II 2019, ungkap Decymus lagi, perekonomian Riau diperkirakan tumbuh positif berada pada kisaran 1,95-2,45 persen (yoy), melambat dibandingkan realisasi triwulan I 2019. Perlambatan utamanya bersumber dari konsumsi pemerintah dan investasi. Sedangkan dari sisi lapangan usaha, pertimbangan utamanya didorong oleh sektor industri pengolahan dan konstruksi serta kontraksi sektor pertambangan.

"Meredanya intensitas pengeluaran belanja Pemilu serta menurunnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau mendorong perlambatan konsumsi pemerintah. Di samping itu, melambatnya pertumbuhan sektor industri pengolahan disebabkan oleh berlalunya aktivitas Pemilu dimana pada triwulan I 2019 permintaan produksi kertas, percetakan, dan makanan minuman meningkat dalam rangka persiapan Pemilu," tandasnya.

Selain itu, sambung Decymus, carry over penyelesaian infrastruktur utama tahun 2018 juga mendorong kenaikan kinerja sektor konstruksi. Sementara itu, telah berlalunya carry over penyelesaian tiga infrastruktur strategis Provinsi Riau yakni Jembatan Siak IV, Flyover SKA dan Arengka, serta banyaknya libur yang menyebabkan berkurangnya intensitas konstruksi menahan pertumbuhan investasi dan kinerja sektor konstruksi.(*/ron)



 
Berita Lainnya :
  • Tanpa Migas, Pertumbuhan Ekonomi Riau 4,38 Persen
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 RAP : Mahasiswa Berkemajuan
    02 Atmonadi: Saya Berharap akan Tumbuh Home-Home Industri Kuat
    03 Bocang: Alhamdulillah 17 Cabor Sudah Memberikan Dukungan
    04 Andrwes: Kami Berkewajiban Ikut Menyelidiki
    05 UiTM Perlis Kirim 34 Mahasiswa ke UIR
    06 Darwis: Harus Meninggalkan Salah Satu Pekerjaannya
    07 AP : Saya Menyambut Positif Upaya Ini dan DPRD Kuansing Sangat Mendukung
    08 Rusli: Saya Siap Maju
    09 200 Pelaku UMKM di Pangkalan Kerinci Terima Sertifikat Gratis dari BPN
    10 Alfedri: Insya Allah Nantinya Menjadi Ponpes Tahfidz dan Hadits Pertama di Riau
    11 Bupati Siak: Semoga Bisa Memberikan Manfaat
    12 Wabup Meranti: Pondasi Awal Menyusun dan Mensinkronkan KUAPPAS
    13 Alfedri: Alhamdulillah Saat Ini Sudah Banyak Anak-anak Siak yang Hafal Al Quran
    14 JCH BTH 1 Kepri dan BTH 2 Pekanbaru Bergerak Menuju Mekkah
    15 8 Wartawan Bengkalis Ikuti Seleksi Calon Anggota PWI
    16 Lem Kambing Punye Pasal
    17 Diduga Ada Oknum Berbisnis Terkait Penyelenggaraan Haji
    18 Oknum Mahasiswi dan Teman Prianya Ditangkap Tim Opsnal Polsek Tampan
    19 UIR dan UNISSA Brunei Darussalam Teken MoU
    20 Syamsuar: Permainan Gasing Ini Harus Dipertahankan
    21 Harris: Pemprov Riau Agar Dukung Pembangunan Kabupaten Pelalawan
    22 Marzuki: Mari Manfaatkan Sebaik-baiknya
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami
    © HarianTimes.Com - #Kanal Informasi Public