Kanal

PLN Siapkan Infrastruktur SPLU

Pekanbaru, Hariantimes.com - Tim Blits Explore Indonesia yang menggunakan mobil listrik tiba di Pekanbaru, Minggu (09/12/2018).

Tim ini disambut oleh Gubernur Riau diwakili Kadis ESDM Provinsi Riau, Indra Agus Lukman, didampingi GM PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri M Irwansyah Putra, GM PLN UIP Sumatera Bagian Tengah, Henvry Setijabudi dan GM PLN P3B Sumatera, Nur Wahyu Dhinianto.

Tim Blits Explore Indonesia ini terdiri dari gabungan Mahasiswa Universitas Budi Luhur dan Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Tim ini mampu mengembangkan mobil listrik yang diberi nama BLITS dan Kasuari.

Menyambut mobil listrik ini, PLN menyatakan sudah menyiapkan infrastruktur pendukung berupa Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU).

Mobil listrik tersebut mampu menempuh jarak antara 250 - 350 KM dalam sekali pengisian daya. Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian batre sampai penuh lebih kurang 4 jam. Tentu hal ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan bagi bangsa Indonesia.

"Mobil listrik merupakan suatu kemajuan bangsa kita. Dan PLN sangat mendukung pengembangan mobil listrik ini kedepannya. Saat ini sudah kita siapkan infrastrukturnya berupa SPLU," terang GM PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri M Irwansyah Putra melalui saluran whatsapp.

Di Pekanbaru sendiri, sebut Irwansyah, SPLU sudah dipasang dibeberapa lokasi yang menjadi pusat-pusat keramaian. Dan saat ini, SPLU yang terpasang lebih banyak digunakan oleh pedagang untuk berjualan. 

"Kita sudah memasang SPLU sebanyak 31 Unit. Di antaranya dekat Masjid Annur, Depan RSUD serta di lapangan taman olahraga Rumbai," sebut Irwansyah seraya menyampaikan, SPLU yang ada saat ini lebih banyak digunakan oleh pedagang untuk kebutuhan listrik saat berjualan. Karena untuk menggunakan SPLU masyarakat tidak perlu mendaftar sebagai pelanggan PLN, cukup isi token dan listrik dapat langsung digunakan.

Terkait kesiapan infrastruktur ini, katanya, PLN akan terus mengembangkan lagi agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Meskipun begitu, pengembangan SPLU ini masih akan terus dilakukan. Sehingga kedepannya benar-benar mampu memenuhi kebutuhan pengisian daya mobil listrik.

Gubernur Riau yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas ESDM menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya atas mobil listrik ini.

"Ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan, dan kita harap kedepannya dapat dikembangkan lagi agar bisa diproduksi secara masal," jelas Indra Agus Lukman.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan test drive oleh Kadis ESDM Provinsi Riau, Jajaran Managemen PLN dan masyarakat yang hadir serta beberapa rekan media yang hadir. Antusiasme yang sangat tinggi sehingga beberapa awak media harus mengantri untuk dapat mencicipi tarikan Blits dan Kasuari.(*/ron)

Berita Terkait

Berita Terpopuler