Kanal

Empat Bangunan Non dan Semi Permanen Ludes Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta

BENAI, HarianTimes.com Empat unit rumah warung hangus terbakar ludes pada Selasa (03/05/2022) sekira pukul 21.50 WIB di Kelurahan Pasar Benai Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Hal itu di benarkan Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata SIK MSi melalui Kapolsek Benai Iptu Donal Jonson Tambunan SH kepada HarianTimes.com pada Rabu (04/05/2022) pagi di Mapolsek Benai.

Dikatakan Kapolsek Benai Iptu Donal Jonson Tambunan, keempat bangunan yang merupakan semi permanen dan non permanen itu, yakni Rumah Warung yang berjualan baju dan minuman bandrek milik korban Candra (45), Rumah Warung Makan Ampera Uniang milik korban Ganti Caniago (42), Rumah Pangkas Rambut milik korban Rober (40), Warung Mie Surabaya milik korban Nasikin (57).

“Warung milik Candra, Ganti Caniago dan Rober terbuat dari papan atau non permanen, sedangkan Mie Surabaya milik Nasikin terbuat dari Beton Campur Papan atau semi permanen,” jelas Kapolsek Benai yang akrab disapa Bang DJ itu.

Lebih lanjut, Kapolsek Benai menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi, api berasal dari dapur RM Uniang milik Saudari Ganti Caniago, dan kemudian api tersebut cepat merambat ke warung milik Saudara Candra yang berada di samping kiri dan warung Saudara Rober yang berada disamping kanan, kemudian terus merambat ke warung Mie Surabaya yang berada di samping kanan Saudara Candra.

“Kemudian masyarakat yang berada di sekitar lokasi langsung berupaya untuk memadamkan api yang sudah membesar dengan cara manual, namun api tidak bisa di padamkan,” ujar Kapolsek.

Dikatakan Kapolsek Iptu DJ Tambunan, begitu mendapatkan laporan dari warga terkait terjadinya musibah kebakaran itu, ia bersama anggota langsung meluncur ke Tempat Kejadian Perkara (TKP), dan sekira pukul 22.00 WIB, ia bersama anggota sampai di lokasi kebakaran dan langsung menghubungi pihak Damkar Kabupaten Kuansing.

“Sekira jam 22.20 WIB, pihak Damkar Kabupaten Kuantan Singingi sampai di lokasi dengan 1 (Satu) Unit Mobil Damkar berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi, sekira jam 22.30 WIB datang 2 (Dua) Unit Mobil Damkar dari Pos Kuantan Mudik dan Kuantan Hilir,” jelasnya.

Kapolsek Benai menyebutkan, bahwa dengan adanya bantuan Unit Damkar Kabupaten Kuansing tersebut, yang berjibaku memadamkan kobaran api bersama Polsek Benai dan masyarakat Kelurahan Benai sekira pukul 00.30 WIB, api sudah dapat dipadamkan.

“Akibat kejadian ini, diperkirakan kerugian materil yang di timbulkan, yakni kurang lebih Rp. 400.000.000,- ( Empat Ratus Juta Rupiah ), berupa 4 (Empat) Unit Bangunan Rumah Warung, surat surat belum terdata karena korban pulang kampung, Peralatan Rumah Warung belum terdata, uang milik Saudara Bahrul Huda sebesar Rp. 15.000.000,- (Lima Belas Juta Rupiah),” terang Kapolsek.

Sementara itu, tambah Kapolsek, akibat kebakaran hebat yang menimpa Kelurahan Pasar Benai pada Selasa malam itu, beruntung tidak menimbulkan korban jiwa.

“Dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran ini diakibatkan arus pendek listrik, dan untuk mempermudah proses lebih lanjut dan di takutkan adanya kehilangan barang milik penghuni bangunan saat ini lokasi kebakaran di pasangi garis Police Line,” tandas Bang DJ.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler