Kanal

Pulau Banjar Kari Kenalkan Sistem Layanan Desa Berbasis Aplikasi dan Website

Kari, HarianTimes.com - Digitalisasi desa merupakan salah satu program skala prioritas Kemendes PDTT pada tahun 2021. Desa Pulau Banjar Kari Kecamatan Kuantan Tengah mulai menerapkan Sistem Layanan Desa Berbasis Aplikasi dan Website dan telah dilakukan sosialisasi ke masyarakat desa. Sosialisasi dilakukan di Mesjid Raudhatul Jannah, Desa Pulau Banjar Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Senin (15/03/2021).

Kepala Desa Pulau Banjar Kari, Sudirman menuturkan, untuk mendukung perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi desa, salah satu program yang dilakukan adalah sistem layanan digital. "Kita harus beradaptasi dengan era digital dan harus meningkatkan layanan desa. Saya berharap ini menjadi langkah awal Desa Pulau Banjar Kari untuk maju dan membangun iklim digitalisasi di Kabupaten Kuantan Singingi, karena inovasi seperti ini merupakan program prioritas yang harus dilaksanakan di desa," imbuhnya.

Sistem layanan desa berbasis aplikasi dan website yang digunakan oleh Desa Pulau Banjar Kari adalah hasil karya dari putra-putri Kuansing benama Gigades.id. Sistem tersebut dapat memberikan layanan surat secara daring, melakukan penjualan produk-produk desa, memberikan informasi tentang desa, serta menyediakan kolom aspirasi bagi masyarakat desa. Gigades.id menyediakan platform website dan aplikasi android untuk desa. Untuk saat ini, Desa Pulau Banjar Kari adalah desa yang pertama kali menggunakan layanan Gigades.id di Kabupaten Kuantan Singingi. 

Kepala Dinas Sosial PMD Kuansing, Drs. Napisman, menyampaikan bahwa sangat mendukung ide dan inovasi ini, terlebih lagi yang mengembangkan platform tersebut adalah putra-putri Kabupaten Kuantan Singingi.

"Ini merupakan karya luar biasa yang patut kita dukung, sekarang sudah saatnya kita mengarah ke digitalisasi desa. Saya berharap nantinya sistem ini dapat diterapkan di seluruh desa di Kabupaten Kuantan Singingi. Melalui inovasi tersebut, kita akan semakin dekat dengan kemajuan teknologi informasi," tambah Napisman.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler