Kanal

Tokoh Pendiri Kuansing Tutup Usia, Samsir Alam: Semoga Almarhum Husnul Khotimah

Teluk Kuantan, HarianTimes.com - Innalillahi wainnailaihi roojiuun... Kabar duka menyelimuti Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau atas berpulangnya kerahmatullah salah seorang tokoh pendiri Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. H. Hermilus, MM pada Sabtu, 9 Januari 2021, 25 Jumadil Awal 1442 Hijriyah, sekira pukul 15.13 WIB di RS Safira, Kota Pekanbaru.

Berita duka kehilangan salah seorang tokoh pendiri Kabupaten Kuantan Singingi itu disampaikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfoss) Kuansing, Ir. H. Samsir Alam, MM kepada HarianTimes.com pada Sabtu (9/1/2021) malam di Teluk Kuantan.

Almarhum H. Hermilus Bin Martunus yang merupakan ayah kandung dari Fiora Helmi, S.STP,. M.Ec,. Dev meninggal dunia akibat penyakit komplikasi yang dideritanya.

"Riwayat penyakit yang diderita almarhum, karena sakit komplikasi, asam lambung, jantung, dan pecah pembuluh darah," ujar Kadis Kominfoss Kuansing.

"Kabupaten Kuantan Singingi kehilangan putra daerah terbaik sekaligus tokoh pendiri kabupaten pasca berpisah dari Kabupaten Inhu pada 12 Oktober 1999 lalu. Almarhum pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi," kenang Samsir Alam.

Informasi dari pihak keluarga Almarhum H. Hermilus akan di makamkan besok, Minggu (10/1/2021). Rumah duka almarhum H. Hermilus berada di Jalan Bakau No. 466 Perumahan Beringin Indah, Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai. Untuk tempat pemakaman masih menunggu informasi dari pihak keluarga, ujar Samsir.

"Almarhum di sholatkan pada Minggu, 10 Januari 2021 sekira pukul 09.00 WIB di Masjid Al Furqon, Jalan Durian, Perumahan Beringin Indah, Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru," ucap Samsir.

Samsir Alam atas nama Pemda Kuansing dan pribadi mengucapkan turut berduka yang cukup mendalam atas berpulangnya tokoh pendiri Kabupaten Kuantan Singingi, H. Hermilus. "Ya Allah, ampunilah dan kasihanilah Bapak *Hermilus Bin Martunus*, maafkanlah beliau, berilah ‘afiat kepadanya, muliakanlah tempat tinggalnya , luaskanlah tempat masuknya (kuburnya), cucilah dengan air, salju dan air embun. Bersihkanlah beliau dari dosa-dosa sebagaimana kain putih dibersihkan dari kotoran. Dan peliharalah dia dari fitnah qubur dan siksa neraka. Aamiin ya rabbal'alamiin," ucap Samsir Alam, mendoakan almarhum.

"Semoga almarhum husnul khotimah, diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT, dan keluarga yang di tinggalkan tabah dan sabar menerima musibah ini," tutup Samsir Alam.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler