Kanal

Warga Jalan Padat Karya Cor Jalan Secara Swadaya

Pekanbaru, Hariantimes.com - Budaya gotong royong masih terjaga di sejumlah wilayah di Kelurahan Umbansari. Salah satunya pembangunan jalan  yang ada di perbatasan antara RW06 dan RW 08 Kelurahan Umbansari, Kecamatan Rumbai yang dicor secara swadaya oleh masyarakat.

Kegiatan itu berlangsung pada, Ahad (15/11/2020). Di mana masyarakat berbondong-bondong melaksanakan pembangunan jalan yang biayanya berasal dari patungan warga dan donatur. Apalagi kondisi jalan lintas terdekat menuju kator Camat Rumbai ini kondisinya sangat memprihatinkan.

 

Kuniawan salah seorang warga di kawasan pembangunan jalan tersebut mengatakan, warga selalu antusias ketika melaksanakan gotong royong dalam pengerjaan jalan. Gotong royong dilaksanakan oleh warga yang terdiri dari berbagai RT dan RW di antaranya RT03 RW 06,RW 08 dan RW 13. Karena harapan warga, ingin jalan nya bisa diperbaiki untuk memudahkan akses bagi mereka. 

"Alhamdulillah dan saya sangat bangga karena warga semuanya sangat antusias dalam gotong royong, Pembangunan jalan ini merupakan harapan masyarakat. Sehingga kita realisasikan pmelalui patungan warga dan donatur dari Yayasan Panca Bakti berupa semen cor sebanyak 7 kubik (7m3) untuk pembangunan jalan yang saat ini sudah dikerjakan sepanjang 40 meter dari target 100 meter,” ujanya yang akrab disapa Wawan. 

Wawan yang juga Koordinator Pembangunan LPMK Umban Sari mengartakan, pembangunan itu sendiri sudah lama didambakan masyarakat sekitar. Jalan ini berbatasan langsung dengan 4 RW yaitu RW 06, 08, 09 dan RW 13. Pembagunan yang dilaksanakan atas swadaya masyarakat menunjukkan bahwa masyarakat mampu membangun daerahnya sendiri.

Sedangkan Saiful, Ketua RT01, RW08 juga menyebutkan, di sana pembangunannya sudah lama didambakan masyarakat sekitar. ‘’Dan Allhamdulillah sekarang sudah mulai terlaksana.

Dengan cara sederhana dan swadaya, donatur serta masyarakat bahu-membahu bergotong-royong membangun jalan. Ya kita harap setelah jalan tersebut jadi, kita sama sama merawatnya,” harap Syaiful.

Sedangkan Ketua LPMK Umban Sari Ir Syafri Efendi mengapreasiasi inisiasi masyarakat yang melakukan pembangunan secara swadaya. Meski Jalan Padar Karya ini sebenarnya jalan lintas yang harus dibiayai melalui APBD Kota Pekanbaru, namun setelah diajukan pembangunanya, realisasi sampai saat ini belum juga ada.

‘’Kita berharap dapat menjadi pioneer dalam segala gerak langkah pembangunan, baik fisik dan mental serta sosial, jangan pernah ragu untuk secuil kebaikan yang dapat dirasakan oleh orang banyak walau mereka tidak mengakuinya,’’ ujarnya.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler