Kanal

Saat Bincang Rimba, Riau Camp 2020 Bahas Hutan Riau

Pekanbaru, Hariantimes.com - Sempena Hari Pohon se dunia yang diperingati pada 21 November, Riau Camp 2020 menyelenggarakan kegiatan Bincang Rimba, Sabtu (21/11/2020) malam.

Kegiatan yang dipusatkan di Taman Hutan Raya (Tahura) Minas ini dihadiri l ratusan peserta dri 33 komunitas dan organisasi Penggiat Alam di Riau. 

Bincang Rimba menghadirkan Kepala KPHP Tahura Setyo Widodo, Ketua PGI Korwil Riau  Roby Kurniawan periode 2013-2017, Syafredo dari P4WDA Riau, Fahrurrozy dari U-Forty dan dipandu Kunni Masrohanti pendiri Komunitas Seni Rumah Sunting  sebagai moderator.

Masing-masing pemantik diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat sekitar 5 tentang hutan Riau serta apa yang telah dilakukan untuk hutan Riau. 

Usai pemaparan, dibuka forum tanya jawab untuk seluruh peserta. Maka kondisi hutan Riau saat ini mencuat ke permukaan, baik kondisi ril di lapangan maupun proses penegakan hukumnya. Pertanyaan tersebut tentang kondisi TNTN Tesso Nilo disampaikan Muhammad Ali dan kondisi Rimbang Baling oleh Yanda Rahmanto dari Jungle Ghost Riau. 

Tidak hanya pemantik, Kepala Dinas LHK Riau, Mamun Murod yang hadir sejak awal acara hingga Bincang Rimba berakhir, juga turut sharing bersama. 

''Pertanyaan dan diskusi yang menarik, kritis dan berisi. Saat ini pemerintah sudah melakukan upaya baik mempertahankan hutan yang ada atau melakukan revitalisasi serta penegakan hukumnya,'' jelas Mamun Murod malam itu. 

Riau Camp 2020 terlaksana berkat dukungan banyak pihak dan kebersamaan seluruh peserta dari berbagai komunitas dan organisasi Penggiat lingkungan di Riau. 

''Tanpa kerjasama semua pihak dan seluruh peserta yang luar biasa, Riau Camp 2020 tidak akan terlaksana. Terimakasih kepada kita semua,'' ujar Nofria Miza yang dipercaya sebagai Koordinator Umum Riau Camp 2020.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler