Kanal

Tak Ingin Warga Kesusahan Pangan, Bupati Mursini Minta Distan Ambil Langkah

Teluk Kuantan, Hariantimes.com - Tak ingin warganya kesusahan pangan terutama beras, Bupati Kuansing H Mursini menginstruksikan Dinas Pertanian (Distan) Kuansing agar dapat mengambil langkah dan upaya-upaya kedepannya.

Hal itu disampaikan Bupati Kuansing H Mursini dalam kegiatan gerakan bersama menanam padi penyediaan pangan daerah pada Selasa (30/06/2020) di Desa Teberau Panjang, Kecamatan Gunung Toar(Guntor), Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Dimana kegiatan ini, selain Bupati Kuansing H Mursini juga diikuti oleh Kadis Pertanian Provinsi Riau, Kadis Pertanian Kuansing Emmerson, Danramil 08/ Kuantan Mudik Kapten Arh Jufri Sakaria, Kapolsek Kuantan Mudik AKP Afrizal, Camat Gunung Toar, Kepala UPTD Kesehatan Puskesmas Gunung Toar, Kepala KUA, para tokoh masyarakat, serta seluruh Kepala Desa, BPD dan Kelompok Tani se Gunung Toar merupakan agenda cocok tanam perdana dalam rangka Perbaikan Mutu Intensifikasi (PMI) yang dilaksanakan diatas hamparan sawah seluas 132 hektare di Teberau Panjang, Gunung Toar tersebut.

Dalam arahannya, Bupati Kuansing H Mursini menyampaikan bahwa kejadian wabah Covid-19 ini mengakibatkan dampak yang luar biasa, bukan hanya terhadap kesehatan tetapi juga berpengaruh terhadap ekonomi dan ketersediaan pangan. "Sementara wabah Covid-19 ini belum bisa dipastikan kapan berakhirnya," ungkapnya.

Maka dari itu, sambung Bupati, untuk mengantisipasi akan terjadinya kekurangan dan kelangkaan bahan pokok pangan, terutama beras, beliau menginstruksikan agar Dinas Pertanian sebagai OPD terkait dan jajarannya untuk dapat melakukan upaya-upaya dan langkah-langkah untuk menjamin ketersediaan pangan (beras) dari hasil produksi petani lokal atau putra daerah sendiri.

"Kita tidak menginginkan kedepannya terjadi kelangkaan dan Kekurangan pangan terutama beras," ucap Bupati. 

Bupati melanjutkan, saat ini pemerintah Kabupaten akan melaksanakan percepatan tanam padi sawah seluas 2.522 Hektare dan untuk menggerakkan dan memotivasi petani pemerintah telah menganggarkan baik di APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN pusat untuk membantu petani menyediakan sarana produksi dan perlengkapan lainnya seperti bantuan Benih padi, Pupuk, Herbisida dan BBM untuk Pompa air. 

"Untuk itu marilah kita terus memaksimalkan pemanfaatan lahan yang dimiliki baik lahan sawah maupun lahan kering, jangan sampai ada lahan yang terlantar dan terus jaga kekompakan serta dukung program pemerintah," tutup Bupati.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler