Kanal

Saat Wabah Corona, Unilak Bagi-Bagi Paket Sembako ke Mahasiswa

Pekanbaru, Hariantimes.com - Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau membagi-bagikan paket sembako ke mahasiswa.

Pembagian paket sembako lewat Program Sayang Mahasiswa ini sebagai wujud kepedulian Unilak saat wabah corona melanda Riau.

Pemberian paket sembako kepada mahasiswa langsung dipimpin oleh Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum, Rabu (08/04/2020).

"Sembako yang kita siapkan sebanyak 400 paket.  Yakni erdiri dari beras, mie instan, telur. Kriteria yang mendapatkan sembako yaitu mahasiswa aktif, berasal dari luar Pekanbaru dan berdomisili (kos) di Kecamatan Rumbai dan sekitarnya,' sebut Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum.

Rektor berharap, semoga bantuan ini dapat meringankan kebutuhan pokok sehari-hari karena terdampak Wabah Corona. 

"Saya juga berpesan dan mendoakan mahasiswa tetap sehat menjaga diri dari wabah Corona, fokus jaga kesehatan, dan tetap belajar. Kegiatan ini kita kemas dalam program Sayang Mahasiswa, bentuk kasih sayang Unilak kepada mahasiswa," ujar Rektor.

Selain mahasiswa, kata Rektor, Unilak juga memberikan paket sembako kepada petugas keamanan, kebersihan dan pegawai.

"Ini adalah bentuk kepedulian Unilak. Kita peduli dgn mahasiswa, pegawai. Semoga ini bisa meringankan beban mereka dalam kebutuhan sehari-hari," harap Rektor.

Dalam wabah Corona ini, kata Rektor, Unilak sudah mengeluarkan instruksi kepada dosen agar mengurangi bebas tugas kepada mahasiswa dalam satu semester

"Tugas mereka sudah terlalu banyak. Misalnya beban orangtua di kampung yang berkurang penghasilan, atau  orangtuanya yang di PHK. Dan itu jadi beban. Dan kita menghimbau kepada mahasiswa yang pulang kampung untuk memperhatikan kondisi, jika memungkinkan silahkan," sebut Rektor

Berdasarkan pantauan, nesti hujan lebat, Rektor dan satuan tugas Covid 19 di lingkungan Unilak langsung bergerak ke tempat kos mahasiswa di sekitar Rumbai.
 
Ada 5 tempat kos yang dikunjungi Rektor. Seperti saat tiba di kos di kawasan Patria Sari dan Umban Sari, Rektor langsung memberikan paket sembako kepada mahasiswi. Selain itu juga berbincang ringan dan memberikan semangat untuk mahasiswa agar rajin belajar dan menjaga kesehatan. Sementara di Umban Sari, Rektor memberikan paket sembako kepada Wikusarina, mahasiswi Fakultas Kehutanan semester dua.

"Saya sangat berterima kasih kepada Unilak dan khusus Rektor atas bantuan paket sembako. Bantuan ini sangat berarti bagi saya untuk kebutuhan selama kos di masa Corona yang saat ini tidak bisa pulang ke Rengat. Sementara di kampus saat ini sedang ujian tengah semester dan ada beberapa tugas kuliah,' ujar Sari saat ditemui baru menyelesaikan Ujian online.

Hal senada juga disampaikan  tiga sekawan mahasiswa Unilak yang berasal dari Nias dan Duri, (Alvonaya, Ferianto Arefa, Al Fianus).

"Luar biasa bersyukur dapat bantuan sembako dari Unilak. Semoga saja dengan sembako ini bisa membantu anak-anak kos yang belum pulang. Kita tidak pulang karena ada tugas kuliah dan di kampung sulit jaringan, saat ini kuliah online," ujar Alfianus.(*)

Editor: Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler