Kanal

PWI Riau Terus Matangkan Kesiapan Atlet

Pekanbaru, Hariantimes.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau dibawah kepemimpinan Zulmansyah Sekedang terus mematangkan kesiapan atletnya untuk bertanding di ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Jawa Timur pada September 2020 mendatang.

Dimana atlet yang akan diikutsertakan pada cabang olahraga (cabor) yang dipertandingan telah mulai giat berlatih. Seperti atlet cabor bowling, biliar, tenis meja, catur, futsal, sepakbola, tenis lapangan dan bahkan badminton.

"Menjelang Porwanas nanti, ada dua cabor yang akan kita pertandingkan pada 29 Februari 2020 nanti. Yakni badminton dan catur," sebut Zulmansyah saat memimpin rapat pembahasan pelaksanaan kegiatan HPN 2020 tingkat Provinsi Riau dan persiapan kontingen PWI Riau menghadapi Porwanas 2020 di Ruang rapat PWI Riau, Selasa (25/02/2020) siang.

Terkait kesiapan cabor bulutangkis, Abdul Gafur selaku penanggung jawab menyampaikan, Insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 29 Februari 2020 mulai jam 10.00 WIB pagi sampai selesai. Dimana sampai sekarang jumlah atlet yang mendaftar sebanyak 25 orang dengan dua kelompok umur yakni 27 sampai 39 dan 40 ke atas.

"Jumlah yang paling banyak terdapat pada umur 40 tahun ke atas. Yang minim hanya sekitar tiga pasang dibawah 39. Sesuai peraturan sebelum-sebelumnya di Porwanas kan bisa dituruni, misal umur 40 tapi bisa main di 38. Itu boleh. Kesempatan itu juga kami buka supaya terisi yang di bawah 39 dan 40. Ada juga dia umur 38 tapi pasangannya 40 ke atas, dia bisa geser ke bawah dibawah 39 tapi tak boleh naik ke umur 40," terang Gafur.

Mengenai tempat bertanding, sebut Gafur, di GOR Soekarno-Hatta. Dan untuk pembukaannya kami mengundang seluruh pengurus.

"Lokasi pertandingan ini kami anggap sangat strategis. Selain dekat dengan PWI, areal parkirnya bisa memuat 15 mobil," katanya.

Disamping itu, kata Gafur, pihaknya juga sedang berdiskusi bagaimana supaya yang terpilih nanti adalah yang terbaik di antara yang ada.

"Artinya begini, sedang kami diskusikan tidak mesti yang juara itu yang berangkat. Namun begitu, kami akan menggunakan konsultan dari PBSI Riau terutama dari pelatih untuk menilai orang-orang yang dianggap layak untuk memperkuat Riau di Porwanas. Karena Porwada ini adalah langkah untuk ke Porwanas. Dan itu sudah kami kontak dan beliau ok," terang Gafur.

Sedangkan mengenai tempat pelaksanan Porwanas, Nurmadi menyampaikan ada dua lokasi yakni di Surabaya dan Malang. Di Malang ada 9 cabor yang dipertandingkan dan 1 cabor di Surabaya yakni bowling.

"Yang harus kita persiapkan adalah entry by number dan entry by name. Untuk entry by name ada sebanyak 63 atlet dari 10 cabor yang kita ikuti. Dan untuk pelaksanaannya mulai tanggal 1 sampai 6 September 2020. Itu informasi terakhir. Kemudian untuk entry by number akan dikirim pada bulan Maret 2020. Dan entry by name pada bulan Juli 2020," beber Nurmadi.

Untuk entry by number, kata Nurmadi, cabor biliar akan mengirimkan 4 atlet yang mengikuti semua nomor dengan penanggung jawab Andre Zacky. Cabor bulutangkis 8 atlet yakni beregu U27 dua tim double itu 4 orang, kemudian U40 dua tim double 4 orang dengan penanggung jawab Abdul Gafur dan Helfizon. Selanjutnya bowling 5 atlet akan mengikuti 4 nomor dengan penanggung jawab Fendry Jaswir dan Anthony Harry. Tenis meja sama dengan bulutangkis yakni 8 atlet. Untuk tenis meja ini perorangan. Yakni U27 ada 4 atlet yang diambil. Demikian juga untuk U40 sama dengan penanggung jawab Hendri Yusten. Sedangkan cabor catur hanya tiga atlet untuk tiga nomor dengan penanggung jawab Hanafi. Dan Futsal ada 24 atlet. 12 untuk U27 dan 12 lagi U40.(*)


Penulis: Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler