Kanal

Rendaman Banjir Di Musim Hujan Selalu Hantui Masyarakat Kuansing

Teluk Kuantan, HarianTimes.com - Sepanjang tahun 2019, telah terjadi sebanyak tiga kali rendaman banjir yang menenggelamkan ribuan KK dan rumah warga di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Dipenghujung tahun 2019, Sabtu (28/12/2019) banjir kembali menghantui masyarakat Kuansing, pasalnya debit air Sungai Kuantan kembali naik dan meninggi. Meski sempat terjadi peningkatan intensitas air Sungai Kuantan, pada Minggu (29/12/2019) terpantau sudah mulai surut kembali.

Hal itu berdasarkan informasi dari wilayah dibagian hulu Kabupaten Kuansing pada Minggu sore (29/12/2019) sekira pukul 17.56 WIB. Informasi yang didapat HarianTimes.com melalui sambungan selluler dengan Camat Hulu Kuantan, Azisman.

Beliau menyampaikan bahwa pada Minggu sore ini, intensitas debit air Sungai Kuantan sudah kembali surut. "Saat ini sudah surut, kemarin (Sabtu, 28/12/2019) sempat naik dan pagi tadi sudah surut kembali," ucap Camat terbilang senior itu.

Sementara informasi dari bagian hilir Kabupaten Kuansing saat ini. Jan Muriono (26), salah seorang warga Baserah ketika berbincang dengan HarianTimes.com menyampaikan bahwa kondisi air Sungai Kuantan sedang pasang alias mulai masuk ke sejumlah pemukiman warga setempat.

"Mulai naik lagi, sekarang sudah mulai masuk ke halaman rumah warga. Mudah mudahan surut secepatnya, jangan terjadi banjir lagi seperti sebelumnya," ucapnya.

Namun demikian, warga masyarakat di bagian hilir Kabupaten Kuansing diharapkan untuk tetap waspada akan terjadinya banjir yang bisa kapan saja terjadi. ***

Editor/Penulis : Hendra Riko Purnomo

Berita Terkait

Berita Terpopuler