Kanal

Pacu Jalur Kuansing Raih Penghargaan Event Destinasi Favorit se Riau

Pekanbaru, HarianTimes.com - Pemerintah Provinsi Riau memberikan penghargaan kepada Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dibidang pariwisata melalui Event Pacu Jalur Kuansing yang berhasil menjadi Event Destinasi Favorit tahun 2019.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Riau H Syamsuar kepada Bupati Kuansing H Mursini yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Indra Suandy, pada Senin (02/12/2019) kemarin di Laman Bujang Mat Syam Kompleks Bandar Seni Raja Ali Haji Purna MTQ Pekanbaru.

Penganugerahan sebagai Event Destinasi Favorit yang diraih Event Pacu Jalur Kuansing ini ditaja Dinas Pariwisata Riau dalam rangka Anugerah Pesona Destinasi Riau yang diberikan kepada daerah sebagai wujud dukungan dan perhatian Pemprov Riau terhadap pariwisata kabupaten/kota se Riau.

Adapun penilaian - penilaian yang menjadi acuan terhadap pariwisata daerah kabupaten/kota se Riau tersebut, yakni berbasis 3A (Atraksi, Aksesibilitasi, dan Amenitas) serta 3S (Size, Sustainable, dan Spread).

Selain Event Pacu Jalur Kuansing yang dimiliki Kabupaten Kuantan Singingi berhasil meraih Destinasi Event Favorit, diajang ini juga menganugerahkan Rimbang Baling dari Kabupaten Kampar sebagai Destinasi Favorit, Masjid Agung Islamic Centre dari Kabupaten Rokan Hulu sebagai Destinasi Wisata Halal.

Kemudian juga ada Destinasi Wisata Sejarah Favorit yang diraih Istana Asserayah Al Hasyimiah yang dimiliki Kabupaten Siak. Selanjutnya juga diberikan penghargaan kepada bupati/wali kota atas kinerjanya di sektor pariwisata yang diperoleh Bupati Siak Alfedri.

Gubernur Riau H Syamsuar dalam pidatonya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang bagus dan cocok untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada kabupaten/kota dalam mengelola destinasi dan menjadi daya tarik wisata di daerah.

Gubri Syamsuar menilai bahwa sejauh ini daerah - daerah yang telah menunjukkan perkembangan pariwisata telah tampak, baik alam maupun wisata religinya. Untuk itu, beliau berharap melalui kegiatan ini hendaknya bisa menjadi daya motivasi bagi daerah dalam memacu perkembangan pariwisata di daerah masing - masing kabupaten/kota se Riau kedepannya.

Syamsuar meminta kepada daerah kabupaten/kota se Riau agar meningkatkan promosinya, baik melalui iklan maupun media massa. Apakah itu TV, Cetak, ataupun Online sehingga wisatawan tau dengan keberadaan pariwisata yang dimiliki setiap daerah tersebut.

"Harapan saya ini akan menjadi motivasi daerah agar kunjungan bisa bertambah. Dan Ini juga diharapkan untuk bisa meningkatkan perekonomian daerah," ujar Gubri.

Dalam kesempatan yang sama, Beliau juga meminta agar seluruh daerah di Provinsi Riau dan Dinas Pariwisata masing - masing daerah untuk dapat menyiapkan pariwisata yang tidak membosankan, dengan membuat kegiatan - kegiatan yang mampu mendatangkan wisatawan ke kabupaten/kota di Riau.

Dengan harapan, tambah Syamsuar, mampu meningkatkan perekonomian daerah sehingga bisa mensejahterakan perekonomian masyarakat kedepannya.

"Dalam upaya untuk memajukan sektor pariwisata itu, buatlah event - event menarik yang punya kesan. Jika wisatawan yang datang melihat kesannya bagus, tentu ini menjadi daya tarik nantinya," kata Gubri.

"Jangan sampai tidak ada daya tariknya. Sebab, saya selama ini menyimak setiap kegiatan yang dilaksanakan, saya melihat sangat sulit untuk membedakan mana yang budaya dan mana yang pariwisata," lanjutnya.

"Padahal, Riau ini kaya dengan budaya dan cagar budaya yang mempunyai nilai jual, sehingga wisatawan ingin melihat cagar budaya di daerah kita, di kabupaten/kota yang ada di Riau," tutupnya.

Tinggal lagi pengelolaan kita, di masing masing daerah untuk mampu memikat wisatawan," cetusnya. ***


Editor/Penulis : Hendra Riko Purnomo

Berita Terkait

Berita Terpopuler