Kanal

Pemdes Sikijang Gandeng BNNK Kuansing Sosialisasikan Bahaya Narkoba

Sikijang, HarianTimes.com - Antisipasi sebagai permulaan pencegahan meningkatnya penyalahgunaan dan peredaran narkotika di Desa Sikijang, Kecamatan Logas Tanah Darat (LTD), Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau. Untuk itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Sikijang mengundang BNNK Kuansing guna mengadakan sosialisasi hukum dan bahaya Narkoba, Rabu (2/10/2019) bertempat di Kantor Desa Sikijang.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala BNNK Kuansing Wim Jefrizal SH.

Turut dihadiri oleh Camat LTD Jhon Pitte Alsi SIP, Kapolsek LTD Iptu Rafidin L Gaol, Kepala Desa Sikijang Hajri Nandar SP, Ketua BPD Sabirin SPd, Sekdes Sikijang Abu Nawas serta para aparatur perangkat desa jajaran, TP PKK Sikijang, Remaja Masjid, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat beserta masyarakat Desa setempat.

Kegiatan sosialisasi yang ditaja Pemerintah Desa Sikijang melalui Anggaran Dana Desa (ADD) yang telah dirincikan dan disetujui dalam APBDes 2019.

Kades Sikijang Hajri Nandar SP mengatakan bahwa pihaknya selaku pemerintahan desa sangat mengapresiasi masyarakat Sikijang yang mau turut serta dalam sosialisasi ini. "Karena Narkoba merupakan musuh masyarakat dan dengan diadakan kegiatan sosialisasi hukum dan bahaya narkoba ini, semoga bermanfaat bagi masyarakat, khususnya para warga Desa Sikijang," harap Nandar.

Ditambahkan, Hajri Nandar yang merupakan kades muda itu mengatakan, bahwa dengan sosok kepemimpinannya yang masih tergolong muda itu diharapkan banyak membawa perubahan untuk desa yang tengah dipimpinnya tersebut. "Mudah mudahan dengan adanya dukungan dari semua pihak, saya selaku pimpinan di desa ini bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat Sikijang," ujarnya.

Terakhir, Ia menyampaikan apresiasinya kepada instansi dan lembaga yang telah memberikan pencerahan serta ilmu di bidang hukum dan narkotika. "Kami juga mengucapkan terimah kasih kepada BNNK yang berkenan hadir, Pak Camat, Kapolsek yang juga berkanan hadir ke desa kami ini," tutup nandar.

Camat LTD Jhon Pitte Alsi SIP menyampaikan bahwa pihaknya sangat bangga terhadap desa yang peduli dengan bahaya narkoba. "Kami sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Desa Sikijang, yang secara mandiri menganggarkan dari dana desanya, tentu artinya mereka sudah berkomitmen untuk hal ini. Dimana dari awal nya ditingkat kecamatan juga sudah dilakukan," kata Pitte, demikian sapaan akrabnya.

"Dan sebelumnya, di Desa Teratak Rendah juga sudah dilakukan hal ini. Nah, sekarang Desa Sikijang juga melakukan hal yang sama. Mudah mudahan secara keseluruhan desa di Kecamatan Logas Tanah Darat khususnya melaksanakan hal serupa. Sebab dengan hal ini kita berupaya mengkampanyekan bahaya narkoba, terutama untuk anak anak generasi muda kita," ujar mantan Sekcam itu.

Sementara Kapolsek LTD, Iptu Rafidin L Gaol juga menyampaikan hal yang tidak jauh berbeda terkait bahaya narkoba tersebut. "Maka dari itu lindungi lah keluarga kita dengan menjauhi narkoba, dan tingkatkan keimanan kita. Maka kita bisa terhindar dari barang haram tersebut," ujarnya.

Iptu Rafidin menjelaskan bahwa narkoba merupakan penyakit yang membunuh dari sekian kasus penyakit yang ada di Indonesia. "Narkoba ini merupakan penyakit yang mematikan, selain pada angka kedua kasus laka lantas, baru penyakit jantung. Mengapa begitu? Karena narkoba kalau tidak kita cegah dari sekarang tentu akan berujung dengan kematian," papar Kapolsek.

Selanjutnya, Kepala BNNK Kuansing Wim Jefrizal SH menjelaskan terkait Program Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Beliau juga memberikan pemaparan terhadap pencegahannya. Dimana kata Wim, dalam melakukan pencegahan Narkoba ini kita harus faham, harus tau, dan sadar tentang bahaya narkoba. Dan jika ada di lingkungan tempat tinggal kita segera menginformasikan ke BNNK. Kemudian kita lakukan assesment," pungkasnya.

Selanjutnya, pada kegiatan ini juga dilakukan sesi tanya jawab kepada masyarakat yang hadir. BNNK Kuansing berharap kepada masyakat untuk bisa memberikan informasi terkait para pengguna narkoba di sekitar lingkungan warga khususnya di Desa Sikijang. (*)


Editor : Dt Hendra Riko Purnomo

Berita Terkait

Berita Terpopuler