Kanal

BPN ICI Riau Sangat Mendukung UED SP Diaudit

Bengkalis, Hariantimes.com - Badan Pekerja Nasional Indonesia Coruption Investigation (BPN ICI) Provinsi Riau sangat mendukung dana Unit Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED SP) Bukit Batu diaudit secara menyeluruh oleh Kejari Bengkalis.

Audit ini terkait terkuaknya penyaluran dana fiktif yang terjadi di UED SP Bukit Batu, yang akan diselidiki oleh Pidsus Kejari Bengkalis.

Ketua BPN ICI Riau, Darwis AK menegaskan, untuk mengaudit penyaluran dana UED SP secara menyeluruh terhadap seluruh desa adalah tindakan yang sangat tepat. Tujuannya, agar tidak terjadi penyalahgunaan dana tersebut.

"Saya sangat mendukung seluruh UED SP diaudit. Tujuannya, wgar tidak terjadi penyimpangan dana UED SP dari perbuatan yang merugikan masyarakat banyak " ujar Darwis kepada hariantimes.com, Sabtu (07/09/2019).

Darwis berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis agar lebih tegas dalam mengaudit investigatif seluruh UED SP yang ada. Karena modus seperti di Desa Bukit Batu sudah terjadi sebelumnya  di Kecamatan Mandau, Kelurahan Duri Timur, karena  tidak bisa mempertanggung jawabkan dana Rp1,6 miliar dan telah divonis 14 bulan kurungan.

"Jika terindikasi ada beberapa desa lainnya yang juga melakukan hal yang sama, kita meminta Kejari Bengkalis  melakukan audit, jika terbukti lakukan proses secara hukum. Dan dana yang disalurkan ke desa-desa agar dapat dimanfaatkan masyarakat secara merata, bukan untuk kepentingan kepentingan pribadi," kata Darwis.(*)

Penulis : Andhika

Berita Terkait

Berita Terpopuler