Kanal

Gubri: Mari Kita Berdoa Minta Ampun dan Doa Minta Hujan

Pekanbaru, Hariantimes.com - Ribuan umat muslim memadati halaman Masjid Raya Annur, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Kota untuk melaksanakan Sholat Idul Adha 1440 hijriyah, Minggu (11/08/2019) pagi.

Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi pun terlihat turut berbaur dengan jamaah Sholat Idul Adha 1440 hijriyah.

Pada Sholat Idul Adha 1440 Hijriyah ini, sebagai khatib yang memberikan tausiyah yakni Ustaz Zulhendri Rais Lc MA.

Dalam sambutannya, Gubri mengajak aparatur pemerintahan di seluruh kabupaten dan kota di Riau melaksanakan Sholat Istisqa, agar hujan turun untuk memadamkan kebakaran lahan dan hutan di Riau.

"Kabut asap akibat kebakaran lahan merupakan musibah dari sang pencipta. Karena itu, kita sampaikan kepada para Bupati, Walikota, Camat mari kita berdoa minta ampun dan doa minta hujan serta melaksanakan Shalat Istisqa di wilayah masing-masing," imbau Syamsuar.

Mantan Bupati Siak dua periode ini mengatakan kondisi karhutla di Riau
cukup berat. Dimana dari prediksi dan analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca kering akan berlangsung hingga Oktober 2019.

"Menurut ramalan BMKG, musim kering ini diperkirakan sampai Oktober. Karena itulah, kami ajak semua kaum muslimin dan sudah kami sampaikan juga kepada pemuka agama untuk menggelar Sholat Istisqa," sebut Syamsuar seraya mengungkapkan, dirinya sudah berkeliling ke sejumlah Kabupaten dan Kota di Riau yang terjadi Karhutla dan ditemukan fakta petugas pemadam kesulitan mendapatkan air akibat minimnya intensitas hujan.

"Saya sudah berkeliling ke kabupaten dan kota yang kebakaran lahan. Satgas kesulitan mendapatkan air untuk pemadaman api. Mari kita doakan petugas pemadam api, bapak TNI Polri yang masih berusaha memadamkan api selalu diberikan kesehatan," ujar Gubri.(*)


Editor : Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler