Kanal

Kapolsek Pekanbaru Kota Serahkan Bantuan Sembako ke Ibu Maiyar

Pekanbaru, Hariantimes.com - Target atau sasaran pelaksanaan giat Jumat Barokah Polsek Pekanbaru Kota Berbagi kali ini adalah warga Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Pekanbaru Kota.

Warga yang disambangi yakni bernama Maiyar (74), janda 2 anak yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Perempuan kelahiran Pekanbaru, 01 Januari 1944 yang beralamat di Jalan H Agus Salim No. 154 RT 2 RW 3 Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Pekanbaru Kota ini tinggal di rumah yang sangat sederhana di tengah Kota Pekanbaru.

"Ibu Maiyar adalah seorang janda yang ditinggal wafat suaminya sekitar 30 tahun lalu," sebut Kapolsek Pekanbaru Kompol M Hanafi saat berkunjung ke kediaman Ibu Maiyar sembari menyerahkan bantuan sembako berupa Beras, Telor,  Gula, Minyak Goreng, Mi Instan, Teh Bubuk, Roti Kaleng, Susu Kental Manis, Roti Tawar dan Sejumlah Uang Tunai, Jumat (24/08/2018).

Turut bersama Kapolsek Pekanbaru Kota Kompol M Hanafi antara lain Waka Polsek Pekanbaru Kota AKP Elfis Remon, Kanit Binmas Polsek, Kanit Sabhara, Kanit Reskrim Polsek, Bhabinkamtibmas Aiptu Kasnan, Kasium, Kasi Humas, Lurah Kota Baru, Sidi Oyong (warung RADAR), Syafri Kamal (Sekjen Ikatan Keluarga Luhak Agam Kota Pekanbaru), Seklur Kota Baru, Kasi Pemerintahan Kelurahan Kota Baru, Ketua RW 3 Alizae/ Pak Zai dan Ketua RT. 2 Yulizar/Bu Yul, Ketua LPM, Tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat sektar.

Kunjungan ini dilaksanakan selesai Upacara Farewel & Parade Kapolda Riau di Mako Brimob Polda Riau Pekanbaru.

Kapolsek Pekanbaru Kota Kompol M Hanafi mengungkapkan, di usianya yang sudah sampai 74 tahun sekarang ini, Ibu Maiyar telah diberikan cobaan yang sangat berat. Dimana belum tentu orang lain akan sanggup memikulnya sampai dengan hari ini. Apalagi saat ini menanggung kebutuhan hidup dua anak perempuannya yang keduanya mengalami gangguan kejiwaan. Kedua anaknya itu masing-masing Erli (49) dan Ernawati (43). Erli mengalami gangguan kejiwaaan sejak umur 8 tahun. Sedangkan Ernawati mengalami gangguan kejiwaaan sejak umur 9 tahun.

Sejak kepergian suaminya untuk selama-lamanya, sebut Kompol M Hanafi, kedua anak perempuannya mulai mengalami kelainan kejiwaan dan mental hingga sampai usia sekarang ini yang sudah cukup dewasa.

Akhirnya demi memelihara 2 irang anak perempuannya ini, ibu Maiyar rela tidak bekerja. Jika bekerja, kedua anaknya ini tidak bisa dijaga dan diawasinya, termasuk untuk memasak pun tidak bisa dilakukan dengan jondisi kedua anaknya yang sedang sakit tersebut.

Menurut keterangan dari Ketua RT 1, Yulizar, ibu Maiyar ini menghidupkan kompor untuk memasak. Namun oleh salah satu anaknya tadi, jompor tersebut didudukinya. Entah apa yang ada dalam pikiran anaknya yang sedang sakit ini. Kasihan dan sungguh memprihatinkan kondisi ibu Maiyar ini.

Sementara untuk biaya hidup sehari-hari, ibu Maiyar ini menyewakan sepetak dari sebagian rumahnya dengan ukuran kira-kira 2 x 3 meter kepada tukang jahit berkisar Rp500.000 sebulan.

Selain hidup dari pertolongan sanak famili  dan belas jasihan warga tetangga sekitar rumahnya dengan memberikan nasi bungkus yang siap untuk dimakan saja, mengingat pengalaman seperti tersebur diatas, sehingga beresiko jika ibu Maiyar ini memilik peralatan dapur, kompor dan lain sebagainya.

"Alhamdulillah, meskipun kedua anak ibu Maiyar ini mengalami gangguan jiwa, namun sejauh ini belum pernah keduanya mengganggu orang lain dan merugikan orang lain," ujar Yulizar.

Kompol M Hanafi mengatakan, beberapa hari sebelum pemberian santunan kepada target Jumat Barokah, pada saat Alapel pagi di mapolsek juga dilaksanakan pengumpulan sumbangan sukarela dari Personil Polsek Pekanbaru Kota untuk turut berBlbagi sebagian rezekinya.

"Dalam nendukung program pimpinan bagi keluarga yang masih kurang berkecukupan dalam segi ekonomi, giat Jum'at Barokah ini Insya Allah akan rutin dilaksanakan sebanyak 1 kali dalam 1 Minggu. Dan Alhamdulillah minggu ini sudah memasuki Minggu ke-5," kata Kompol M Hanafi.

Dengan adanya kegiatan Jum'at Barokah Polsek Pekanbaru Kota Berbagi ini l, Kapolsek mengharapkan agar kegiatan yang akan dilaksanakan setiap 1 kali seminggu di hari Jum'at di setiap 6 kelurahan yang ada dalam wilayah Kecamatan Pekanbaru Kota secara bergantian dapat berjalan lancar.

" Saya menghimbau dan mengajak para pelaku usaha atau warga yang ada kelebihan rezeki untuk bisa turut serta mendukung kegiatan ini dengan cara menyisihkan sebagian hartanya untuk diberikan kepada beberapa warga kita yang ada dalam Kecamatan Pekanbaru Kota yang mungkin belum berkecukupan atau jesejahteraannya masih dibawah sederhana," ajak Kompol M Hanafi seraya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta dalam mensukseskan hingga terselenggaranya giat sosial ini.

"Semoga menjadi ladang amal Jariyah untuk Kita dihadapan Allah Ya Azza Wa Jalla kelak serta apa yang telah diberikan semoga menjadi jeberkahan untuk penerima bantuan dan kekuarganya," ucap Kapolsek.(*/ron)

Berita Terkait

Berita Terpopuler