Kanal

Banjirman : Kuansing Sudah Punya Stok 48 Guru Bersertifikasi Cakep

Teluk Kuantan, HarianTimes.com - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga memberikan Diklat (Pendidikan Kilat) terhadap seluruh Kepala Sekolah tingkat SD dan SMP.

Hal itu diutarakan oleh Kepala Dinas Dikpora Jupirmas SPd melalui Kabid Dikdas Banjirman SPd MM kepada media HarianTimes.com pada Senin (05/08/2019) di Ruang Kerjanya.

Menurut Banjirman, hal ini sangat berguna untuk penguatan kualitas bagi pejabat Kepala Sekolah agar bisa meningkatkan mutu dan kualitas dunia pendidikan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau.

"Selain diklat penguatan ini, kita juga telah melakukan seleksi bagi guru untuk mendapatkan Sertifikat Cakep. Dan sejauh ini sudah ada sebanyak 48 guru yang bersertifikat cakep," ungkap Banjirman.

Lanjutnya, Ia mengatakan bahwa setiap kepala sekolah wajib punya Sertifikat Cakep (Calon Kepala Sekolah) baik itu tingkat SD maupun SMP. "Iya, Sertifikat Cakep ini merupakan SIM atau Surat Izin Menjadi Calon Kepala Sekolah nantinya. Apabila ada mutasi atau dibutuhkan nantinya, kita sudah punya stok sebanyak 48 guru yang sudah memiliki Sertifikat Cakep," jelas Banjirman.

Dengan demikian, lanjutnya, Banjirman menyebutkan bahwa saat ini pihaknya sudah mempersiapkan guru atau kepala sekolah yang berkompeten agar mutu pendidikan makin menanjak naik kedepannya.

Bagi yang sudah menjabat kita berikan diklat, dan bagi guru yang ingin menjadi calon kepala sekolah kita buka seleksinya," ujarnya.

"Alhasil dari 80 orang yang lolos administrasi, kita lakukan seleksi lagi dan sekarang sudah ada 48 orang guru yang punya sim tersebut. Dengan punya sim ini tentu lebih besar peluangnya untuk menjadi pejabat kepala sekolah nantinya," kata Banjirman. "Namun tidak menutup kemungkinan yang lain juga berpeluang," tambahnya.

Sementara, jelas Banjirman, setiap guru yang mengikuti seleksi ini sesuai dengan kriteria dan aturan yang berlaku. "Harus golongan IIIc dan sudah Sertifikasi," tegasnya. (hrp)

Berita Terkait

Berita Terpopuler