Kanal

Manchester City Taklukkan Liverpool 5-4 Lewat Adu Penalti

London, Hariantimes.com - Manchester City menghadapi Liverpool di ajang Comunity Shield di Stadion Wembley, London, Minggu (04/08/2019) waktu setempat. 

Liverpool bermain di Community Shield, untuk pertama kalinya dalam 13 tahun saat pasukan Juergen Klopp menantang Manchester City. Pada pertandingan ke-97 sejak diselenggarakan pada 1908 ini menjadi penanda pembuka Liga Inggris 2019/2020.

Sejak tahun 2002 tak ada klub Inggris yang bisa mengawinkan gelar Premier League dan Community Shield. Tahun ini kutukan tersebut kandas di tangan Manchester City. 

Manchester City menjadi klub pertama yang mengawinkan dua gelar tersebut sejak 17 tahun terakhir. Gelar Community Shield mereka dapatkan setelah mengalahkan Liverpool lewat babak adu penalti di Stadion Wembley, Minggu (04/08/2019) malam WIB. 

Menghadapi The Reds, Manchester City lebih dulu mencetak gol lewat aksi Raheem Sterling di menit ke-12. Namun, di babak kedua Liverpool menyamakan skor jadi 1-1 lewat tandukan Joel Matip -tepatnya di menit ke-78. 

Di babak adu penalti, kelima penendang Manchester City yakni Ilkay Guendogan, Bernardo Silva, Phil Foden, Oleksandr Zinchenko, dan Gabriel Jesus sukses menunaikan tugasnya. Sedangkan di kubu Liverpool, hanya empat pemain yakni Xherdan Shaqiri, Adam Lallana, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Mohamed Salah yang sukses sebagai algojo. 

Penendang kedua The Reds, Georginio Wijnaldum gagal menceploskan bola setelah tendangannya diblok penjaga gawang Claudio Bravo. Skor 5-4 di babak adu penalti, membuat City memenangkan gelar Community Shield 2019. (Baca juga: Manchester City Kampiun Community Shield)

Manchester City juga memenangkan gelar Premier League di musim yang sama, setelah finis dengan 98 poin, unggul satu angka di atas Liverpool. Menurut catatan Opta, The Citizens menjadi tim pertama yang mengawinkan dua gelar itu setelah Arsenal melakukannya di tahun 2002.

Leroy Sane yang dibekap cedera

Usai laga, Pelatih Pep Guardiola membeberkan kondiri Leroy Sane yang dibekap cedera. Sane dipasang sebagai starter. Saat laga masuk menit ke-13, Sane berduel dengan Trent Alexander-Arnold hingga akhirnya cedera. 

Sane ditarik ke luar lapangan untuk mendapat perawatan, sementara posisinya digantikan oleh Gabriel Jesus. Pada pertandingan itu, Manchester City menang 5-4 lewat adu penalti, usai ditahan imbang 1-1 di waktu normal. 

"Kesan pertama tidak begitu bagus. Tapi saya rasa cederanya tidak parah, meski saya belum tahu karena belum bicara dengan dokter. Saya akan menunggu tapi saya rasa dia bakal baik-baik saja," kata Guardiola dikutip Hariantimes.com dari Reuters. 

Sekadar informasi, Sane yang sebelumnya membela Schalke 04 itu sedang mencari incaran serius Bayern Muenchen. Raksasa Bundesliga dikabarkan bersedia merogoh kocek 130 juta euro untuk 'memulangkan' sang pemain ke Jerman. 

Dengan cedera yang dialami Sane saat ini, sementara bursa transfer akan ditutup dalam hitungan hari, ada kemungkinan transfer Sane ke Bayern Muenchen akan batal terlaksana.

Sudah Dinanti Penggemar 

Kerinduan penggemar melihat persaingan dua kesebelasan sudah dinanti. Maklum pada musim lalu, Liverpool maupun City berjuang hingga pertandingan terakhir untuk memperebutkan statusnya sebagai jawara Liga Inggris.

Namun takdir mengantarkan City keluar sebagai pemenang di Liga Inggris dan Piala FA. Kini, penggemar melihat skuat dua kesebelasan sebelum mereka tampil di kompetisi terpadat di dunia, sepekan kemudian.

Pertandingan Liverpool versus City di Wembley merupakan kali pertama terjadi sejak dua kesebelasan bentrok di final Piala Liga Inggris 2016 lalu. Saat itu, The Citizens keluar sebagai pemenang setelah menang melalui drama adu penalti 3-1 usai bermain imbang 1-1.

Sementara berbicara mengenai pengalaman, Liverpool bisa dikatakan sudah kenyang tampil di Community Shield. Tercatat, 15 gelar sudah direbut, sedangkan City baru mengumpulkan lima gelar. 

Sebelum terlalu jauh membahas keseruan di pertandingan nanti. Tak ada salahnya untuk mengulas sedikit tentang fakta menarik apa yang akan terjadi. 

5 Hal di Community Shield 2019/2020.

1. Ini adalah kali ketujuh di era Liga Primer, tim pemenang Liga Inggris dan Piala FA menghadapi runner-up Liga Inggris di Community Shield.

2. Di semua kompetisi, Manchester City tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhir di Stadion Wembley (W6 D1). Mereka hanya kebobolan satu gol dan mencetak 16 gol dalam tujuh pertandingan.

3. Liverpool baru menang satu dari lima pertandingan terakhir mereka yang dimainkan di Stadion Wembley (D1 L3).

4. Pep Guardiola telah kehilangan empat dari delapan pertemuannya dengan Liverpool di semua kompetisi (W2 D2). 

5. Sergio Aguero bisa menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam pertandingan Community Shield secara beruntun sejak Adrian Heath (Everton) pada tahun 1985 dan 1986.(*)


Editor : Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler