Kanal

Sekda: Tetap Abadi dan Terpatri di Dalam Sanubari

Bengkalis, Hariantimes.com -   Sampena hari jadi Bengkalis ke-507, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkalis H Bustamy HY  ziarah ke Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut di Desa Sukajadi, Kecamatan Bukit Batu, Rabu (31/07/2019).

Kedatangan rombongan disambut dengan kompang dan dihiasi berbagai pencak silat. Dan dilanjutkan dengan Sholat Zhuhur di Masjid Jami' Al Haq Datuk Laksamana Raja Dilaut.

Turut hadir anggota DPRD, pimpinan staf ahli Badan Lingkungan Hidup, Forum Organisasi Koordinasi kabupaten Bengkalis, Tim Penggerak PKK Bengkalis, Ketua MUI, Camat Bukit Batu, Siak Kecil, Bandar Laksamana, Kapolsek Bukit Batu beserta Jajaran, Danramil, UPT DLH, UPTD Pendidikan, seluruh Kepala Desa dan tokoh Agama dan seluruh ormas dan masyarakat.

Selanjutnya, Sekda H Bustamy HY menceritakan tentang sejarah Datuk Laksamana pada zamannya,  bahwa pada 6 November 1794 Datuk Laksamana Raja Dilaut ikut langsung memimpin armada laut Kerajaan Siak berperang melawan Belanda untuk merebut Guntung yang berlokasi di Muara Sungai Siak dari tangan belanda.

Kemudian pada tahun 1791,  Belanda juga ditaklukan kembali oleh Datuk Laksamana Raja Dilaut untuk menyelamatkan daerah- daerah pesisir timur Sumatera. Dimana pada masa itu kepemimpinan Sultan Siak adalah Sultan Syarif Ali.

"Ketangguhan  Datuk Laksamana menyatukan Asahan, Batubara, Deli serta daerah-daerah sekitarnya, sejarah mencatat bahwa keberanian dan semangat kepahlawanan Datuk Laksamana Raja Dilaut membuat kita bangga dan menjadi teladan bagi generasi penerus dan tetap abadi dan terpatri di dalam sanubari," cerita Sekda.

Dikatakannya juga, Jalan Lintas Sungai Pakning, Bukit Batu, Dumai menjadi Jalan Nasional setelah selesai rapat paripurna di Bengkalis yang dihadiri Gubernur Riau H Syamsuar kemarin.

Camat Bukit Batu H Mulyadi SH MH juga menyampaikan, pembangunan rumah Datuk Laksamana Raja Dilaut sudah dilakukan perbaikan dan kedepannya akan lebih diperhatikan  lagi.

"Kita harap kedepannya akan kita lakukan yang terbaik  lagi" ucapnya.

Disamping itu, cucu dari keturunan Datuk Laksamana Raja Dilaut juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada pemerintahan Kabupaten Bengkalis, yang telah sudi mengunjungi dan mengingat  Makam Datuk Datuk yang berjasa dulu.

"Semoga menjadi sebuah keberkahan atas kedatangan pemerintahan Bengkalis dan memberi kebanggaan bagi kami semua," ucapnya.(*)


Penulis : Andhika
Editor   : Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler