Kanal

Mahasiswa Kukerta UIN dan Unri Tanam 1.500 Bibit Pohon

Bengkalis, Hariantimes.com - Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN)  Suska Riau dan Universitas Riau (Unri) yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata di Kecamatan Bandar Laksama, Kabupaten Bengkalis menanam 1500 bibit pohon di kawasan lingkungan masyarakat.

"Kegiatan penanaman ini kita laksanakan di desa Parit 1 Api-api,  sebanyak 1.500 bibit pohon bersama tim Kukerta dari UIN Suska dan UNRI," ujar M. Rafian Nurdintaher Ketua panitia penanaman bibit pohon, Rabu (31/04/2019).

Diungkapkannya,  jenis bibit pohon yang ditanam diantaranya,  durian, pinang, nangka, gaharu, trembesi dan sirsak dan sudah dilaksanakan pada 25 Juli 2019.

"Tema yang kita angkat yakni Paris Go Green, Jaga Bumi, Tanam dan Hijaukan kembali. Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama Mahasiswa KKN UIN Suska dan UNRI dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pekanbaru," ungkap M. Rafian.

Dijelaskannya, tujuan kegiatan ini untuk menghijaukan desa. Penghijauan tidak akan berarti jika tidak ada perawatan untuk kedepannya.

"Penanaman dilakukan disekitaran pemukiman warga desa dan ditepi jalan raya untuk menyejukkan dan menghijaukan lingkungan. Selain itu, buah dari pohon tersebut nantinya dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar," jelasnya lagi.

M. Rafian juga berharap bibit pohon yang sudah ditanam hendaknya dapat dirawat oleh masyarakat setempat dengan kesadaran terhadap lingkungan sekitarnya.

Kepala Desa Parit 1 Api-Api Suratman menyambut baik kegiatan mahasiswa Kukerta UIN Suska dan UNRI dengan tujuan penghijauan dan menjaga kelestarian lingkungan hidup di desa setempat.

 â€œKami dari pemerintahan desa mengucapkan ribuan terimakasih kepada mahasiswa KKN yang hadir didesa Parit 1 Api-Api dan sudah ikut serta dalam membangun penghijauan di desa kami ini," ujar Kades.(Ardo)

 

Berita Terkait

Berita Terpopuler