Kanal

Kebakaran DSPMD Kuansing Hanguskan Separoh Bangunan

TELUKKUANTAN, HarianTimes.Com - Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) mengalami kebakaran hebat yang mengakibatkan separoh dari bagian kantor tersebut ludes. Hal itu dibenarkan oleh Kadis SPMD Kuansing H. Muharlius, SE. MM melalui Plt. Sekretaris Drs. Napisman kepada media, Rabu (22/08).

"Lantai 2 kantor terbakar habis. Ada empat ruangan di lantai 2 yang terbakar itu, Ruangan Kadis, Bidang Keuangan, Bidang Pemberdayaan Sosial, dan Bidang Pemberdayaan Masyarakat," jelas Napisman.

Sementara itu, Kapolres Kuansing AKBP Fibri Karpiananto, SH. S.Ik melalui Kasubag Humas Polres AKP G Lumban Toruan saat di konfirmasi media membenarkan kebakaran yang menimpa dinas di Kompleks Perkantoran Pemkab Kuansing.

"Kebakaran terjadi tadi pagi sekitar pukul 7.30 WIB, kompleks perkantoran ini dalam keadaan sepi karena tidak ada aktivitas ataupun sedang libur hari raya Idul Adha," ujar Lumban.

Kejadian ini diketahui saat salah seorang staf Damkar Pemkab Kuansing, Indra sedang lewat di komplek perkantoran tersebut. Ketika melintas Indra melihat ada api yang membesar dari arah kantor dinas ini. Indra yang bertugas di Damkar itu langsung mendatangi kantor Damkar dan memberitahukan ke para petugas bahwa terjadi kebakaran dan mereka segera meluncur ke kantor DSPM yang sedang terbakar," beber Kasubag Humas Polres Kuansing menceritakan kronologis.

Sedangkan penjaga kantor DSPMD ini, Iwang yang tinggal di Desa Seberang Taluk Kecamatan Kuantan Tengah itu sekira pukul 05.00 WIB sudah pulang kerumahnya. "Yang bersangkutan sudah pulang ke kediamannya," ujarnya.

Menurut Kasubag Humas Polres Kuansing, api berasal dari lantai 2 kantor DSPMD. "Penyebab kebakaran belum diketahui hingga api membakar seluruh bagian kantor yang berada di lantai 2 tersebut," jelas Lumban. "Korban jiwa nihil dan kerugian belum dapat diperkirakan," tambahnya.

Api dapat dipadamkan sekira pukul 09.00 WIB dengan mendatangkan 4 unit mobil Damkar Pemda Kuansing. Para Petugas Damkar dengan dibantu oleh Personil Polres Kuansing berjibaku memadamkan api sehingga bisa dipadamkan. Situasi dalam keadaan aman dan kondusif," tutup Lumban.

Usai melaksanakan Sholat Eid Hari Raya Idul Adha 1439 H, Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, M.Si, Sekda Dr. Dianto Mampanini, SE. MT serta Kapolres Kuansing AKBP Fibri Karpiananto, SH. S.Ik sempatkan meninjau langsung ke lokasi DSPMD yang mengalami kebakaran tersebut.***(hrp)

Berita Terkait

Berita Terpopuler