Kanal

DLHK Riau dan KLHK RI Langsung Turun Beri Penilaian

Bandar Petalangan, Hariantimes.com - Penilaian Lomba Program Kampung Iklim (Proklim) untuk wilayah Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan langsung diberikan oleh Tim Penilai dari DLHK Provinsi Riau dan KLHK RI pada Kamis (18/07/2019).

Lomba Proklim ini dilaksanakan di Dusun Tanah Teban, Desa Sialang Bungkuk, Kecamatan Bandar Petalangan.

ProKlim adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Yakni dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK, serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah. 

Adapun desa yang diusulkan oleh KLHK RI untuk mengikuti kegiatan perlombaan proklim mewakili Kecamatan Bandar Petalangan yaitu Desa Sialang Bungkuk, Angkasa, Lubuk Raja, Air Terjun dan Terbangiang.

Hadir dalam kegiatan ini, Camat Bandar Petalangan diwakili Sekretaris Camat  Zakirman SH, Kepala Desa Sialang Bungkuk Rajak Parulian, Ketua Tim Penilai dari Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau Evan, tim penilai dari Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK) RI Agung.S dan Julian Agung Pratomo, serta perwakilan DLH Kabupaten Pelalawan Ery Marta MF.

Dalam kata sambutannya, Zakirman SH menyampaikan permohonan maaf dari Camat Bandar Petalangan Faisal SStp yang tidak bisa hadir dalam acara penilaian ini. Karena Camat ada kegiatan kedinasan di Pangkalan  Kerinci yang tidak bisa ditinggalkan.

Selanjutnya, Zakirman juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim penilaian lomba Proklim baik dari DLHK Provinsi Riau dan KLHK RI di Dusun Tanah Teban, Desa Sialang Godang, Kecamatan Bandar Petalangan.  

"Semoga dalam penilaian lomba proklim di Dusun Tanah Teban, Desa Sialang Bungkuk ini bisa mendapatkan nilai terbaik. Sehingga bisa membawa nama baik Kecamatan Bandar Petalangan pada khususnya dan Kabupaten Pelalawan serta Provinsi Riau pada umumnya" harap Zakirman.

Ketua tim penilai dari DLHK Provinsi Riau, Evan dalam kata sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang diberikan masyarakat Dusun Tanah Teban, Desa Sialang Bungkuk, Kecamatan Bandar Petalangan. 

Selanjutnya Evan juga menyampaikan tujuan dari proklim ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat  terhadap perubahan iklim dan dampak yang ditimbulkan serta mendorong pelaksanaan aksi nyata yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim.(*)



Editor : Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler