Kanal

Dishub Pelalawan Permudah Pelayanan KIR

Pangkalan Kerinci, Hariantimes.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pelalawan mempermudah pelayanan kepengurusan untuk pelayanan pengujian kendaraan bermotor (KIR) dengan kartu Mandiri Debet dan  E-Money.

Layanan pembayaran retribusi pengujian kendaraan bermotor secara non tunai menggunakan E-Money dan Mandiri Debet ini bekerjasama dengan PT Bank Mandiri, Tbk Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau.

"Kerjasama ini salah satu terobosan yang dilakukan Dinas Perhubungan. Yakni dalam hal pembayaran transaksi non tunai. Dan ini yang pertama di Provinsi Riau. Dimana Dinas Perhubungan melakukan pembayaran KIR dengan mengunakan kartu Mandiri Debet E-Money," terang Kepala Cabang PT Bank Mandiri Pangkalan Kerinci Alwi Reza Nasution saat  launching Implementasi Pembayaran Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor Secara Non Tunai Menggunakan E-Money dan Mandiri Debet  bertempat di Kantor Dinas Perhubungan Pangkalan Kerinci, Selasa (02/07/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Ikatan Pengujian Kendaraan Bermotor Indonesia (IPKBI) Provinsi Riau Azrial, Kejari Pelalawan, Kepala Dinas Perhubungan Pelalawan Syafruddin, Plt Kepala Diskominfo Hendri Gunawan, Dishub Kabupaten Indragiri Hulu dan Pengusaha serta Asosiasi Otomotif Pelalawan.

Sementara itu, Bupati Pelalawan HM Harris menyambut baik pembayaran secara non tunai yang dilakukan untuk mempermudah pelayanan kepengurusan pelayanan pengujian kendaraan bermotor, khusus di Kabupaten Pelalawan ini.  

Harris juga berharap, ini akan merubah pola pikir dan integritas petugas untuk tidak lagi melekat image “uang “ dalam hal pelayanan kepengurusan. 

"Dengan pelayanan yang sudah baik ini, diharapkan akan menambah Pemasukan Asli Daerah (PAD). Hal demikian juga dilakukan oleh OPD lainnya," kata Bupati Pelalawan dua periode ini seraya juga menekankan kepada petugas lapangan untuk melayani masyarakat dengan sopan dan santun, namun tegas sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

Sedangkan Ketua Ikatan Pengujian Kendaraan Bermotor Indonesia (IPKBI) Procinsi Riau Azrial mengatakan, selama ini pembayaran retribusi tidak pernah dilakukan secara non tunai. Oleh karenanya, IPKBI menyambut baik kemajuan untuk pelayanan pembayaran yang dilakukan secara non tunai dan baru pertama kali dilakukan di Provinsi Riau oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Pelalawan.

"Ini sebagai kemajuan di bidang pengujian kendaraan bermotor. Dan ini adalah dukungan kita terhadap arahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menghindari adanya korupsi dan kolusi yang dilakukan oleh oknum petugas," katanya.(rls/ron)

Berita Terkait

Berita Terpopuler