Kanal

Kades Batang Duku Buka Pelatihan Masyarakat Peduli Bencana

Bengkalis, Hariantimes.com - Kepala Desa Batang Duku Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalks Sapri membuka Pelatihan/ Penyuluhan Masyarakat Peduli Bencana (MPB). Rabu (3/07/19).

Kegiatan pelatihan tersebut menghadirkan tiga  narasumber, Erzan Syah dari Badan Penanggulangan Daerah Kabupaten Bengkalis, Syamsurizal dari UPT Dinas Damkar Kabupaten Bengkalis , dan dari Babinkamtibmas  Polsek Bukit Batu  Brigadir Rici Sagita.

Kepala Desa Batang duku Sapri mengatakan bahwa, Masyarakat Peduli Api (MPA)  sudah berubah menjadi Masyarakat Peduli Bencana (MPB), di karenakan bencana tidak hanya api, bisa juga terjadi banjir.

"Pelatihan / Penyuluhan ini dilakukan agar setiap elemen, baik lembaga maupun masyarakat terkhususnya Masyarakat Peduli Bencana  lebih siap jika terjadinya bencana. Dan lebih antusias mengatasi agar tidak terjadinya bencana seperti kebakaran hutan ataupun banjir," kata Sapri.

Badan Penanggulangan Daerah di bidang Rehabiltas dan Rekonstruksi Erzan Syah juga menyampaikan kebakaran hutan dan lahan sembilan pulah persen diakibat kan ulah manusia, dan sepuluh persen gejala alam.

"Kebakaran hutan dan lahan terjadi cendrung dikarenakan kelalaian manusia itu sendiri, untuk itu perlu kesadaran masyarakat kita untuk tidak sembarangan melakukan aktifitas dengan cara membakar seperti lahan kebun,"  jelas Erzan Syah.

Dikatakan Erzan Syah Setiap Desa harus punya peta Dimana hutan yang rawan dengan kebakaran, agar lebih sigap dalam menangani bencana yang tidak kita ingini. Kelalaian dan rasa tidak bertanggung jawab terjadinya kebakaran hutan akan mempunyai dampak kerugian yang besar untuk kita semua.

"Jangan ada lagi masyarakat membakar hutan sembarangan, mari kita saling peduli jika terjadi bencana, dan saling mengatasi agar tidak terjadinya bencana." pungkasnya.

Selain itu,  menurut BMKG pusat, tingkat kepanasan meningkat pada bulan Juni ini, maka hendaklah kita waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan .

Turut hadir, Kepala Desa Batang Duku Sapri, Badan Penanggulangan Daerah Kabupaten Bengkalis , Erzan Syah, UPT Dinas Damkar, Syamsurizal, Ketua BPD, Ketua LAMR, Mahasiswa KKN dan Lembaga Desa Batang Duku dan Masyarakat Setempat.(and)

Berita Terkait

Berita Terpopuler