Kanal

Program Inovasi Puskesmas Lubuk Jambi, Lindungi Ibu Melahirkan Dengan Mari Siaga dan Kopas Salin

LUBUK JAMBI, HarianTimes.com Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Lubuk Jambi memiliki pelayanan unggulan untuk melindungi ibu melahirkan melalui program “Mari Siaga 2018” dan “Kopas Salin 2019”.

Dikatakan Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan Puskesmas Lubuk Jambi, Masni SST MKM menyebutkan, bahwa program unggulan Puskesmas Lubuk Jambi ini bertujuan untuk mengendalikan angka kelahiran dan kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya.

Dimana program ini dimulai sejak ibu hamil hingga setelah atau pasca melahirkan, program tersebut terbagi menjadi 2 program yang diberikan bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Jambi.

Adapun kedua program tersebut, yakni untuk ibu hamil diberi nama Mari Siaga 2018 dan Kopas Salin 2019. Dimana kedua program ini telah dimulai sejak di lounching pada tahun 2018 dan 2019 lalu, hingga sekarang.

“Untuk ibu ibu hamil kita berikan program pelayanan “Mari Siaga” di Puskesmas Lubuk Jambi dengan motto kita Melahirkan Aman Hindari Resiko, Sehat Ibu dan Keluarga,” ujar Kepala UPTD Kesehatan Puskesmas (Kapus) Lubuk Jambi, Rabu (13/04/2022) di Lubuk Jambi.

Dimana hal ini, sambung Masni, juga akan dilengkapi dengan program pemberian alat Kontrasepsi Paska Persalinan atau disingkat dengan Kopas Salin nantinya.

“Iya, setelah bersalin itu, juga akan di lengkapi dengan program Kopas Salin,” ucap Kapus berparas cantik itu.

“Ini merupakan kegiatan pelayanan yang komprehensif, karena target kami bukan hanya bersalin di Fasilitas Kesehatan atau Faskes saja, akan tetapi setiap ibu bersalin akan di berikan Kontrasrpsi Paska Persalinan atau Kopas Salin yang bertujuan agar setelah persalinan, ibu sudah memakai alat kontrasepsi sehingga ibu lebih tenang dalam merawat bayi nya,” jelas Masni.

Tidak hanya itu, kata Masni lagi, Puskesmas Lubuk Jambi dalam memberikan layanan terutama dalam menjalankan program Mari Siaga 2018 dan Kopas Salin 2019 ini langsung memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat yang tidak memiliki transportasi.

“Jangan khawatir bila ibu tidak punya transportasi, kami siap antar dan jemput dalam melayani masyarakat, yakni ibu hamil tersebut,” imbuh Kapus yang sudah menamatkan S2 di bidang Kesehatan Masyarakat itu.

Lebih lanjut, Masni menjelaskan, bahwa program Mari Siaga dengan Kopas Salin di Puskesmas Lubuk Jambi yang merupakan kegiatan Inovatif komprehensif sengaja diciptakan untuk meningkatkan persalinan di Fasilitas Kesehatan (Faskes) dan penggunaan kontrasepsi paska persalinan.

“Bagi ibu yang tidak memiliki jaminan kesehatan nasional atau BPJS Kesehatan, biaya akan di tanggung oleh Jaminan Persalinan atau Jampersal,” jelas Masni. “Kami Siap melayani dan jadi sahabat anda,” tandasnya.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler