Kanal

Dinas PUPR Usulkan Perbaikan Danau Kebun Nopi

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com - Bendungan Kebun Nopi, dan jaringan irigasinya yang terletak di desa Bukit Pedusunan, Kecamatan Kuantan Mudik, merupakan aset Daerah Kabupaten Kuansing. Namun, bangunan penunjang venue dayung dulunya merupakan aset Pemerintah Provinsi Riau, sekarang telah diserahkan ke Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kuansing Pebri Mahmud, SP, M.Eng kepada media ini, Senin (19/11) siang mengatakan, Pemkab Kuansing melalui Dinas PUPR Bidang SDA pada tahun 2019 akan memprioritaskan untuk perbaikan Bendungan Kebun Nopi. Karena, kata Pebri, ini sangat menyangkut dengan aliran irigasi  yang mengairi persawahan dan ladang untuk empat desa. yaitu, Desa Bukit Bedusunan, Desa Seberang Pantai, Desa  Pulau Binjai, dan Desa Luai.

Jika Bendungan Kebun Nopi ini selesai diperbaiki, Pebri memastikan jaringan irigasi di empat desa tersebut akan berfungsi kembali, ladang dan persawahan yang ada di empat desa tersebut akan terairi dengan baik.

Tidak hanya itu, Pemkab Kuansing juga menargetkan di tahun 2019 Bendungan dan venue dayung kobun nopi sudah fungsional, guna persiapan Proprov 2020, dimana Kuansing diusulkan sebagai tuan rumah pada Porprov 2020 mendatang.

Sementara Untuk Pembangunan nantinya, dikatakan Pebri, Kita minta dana bantuan ke Kementrian PUPR melalui kegiatan Instansi Pusat di daerah, Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWS) III Pekanbaru, Di bawah Kementrian PUPR Dirjen Sumber Daya Air, yang mengurusi Sungai dan Irigasi yaitu sebesar 62 Miliar, Sesuai DED tahun 2017. 

"Melalui APBD 2019 pun sudah kita masukkan dalam skala prioritas sebesar 2,5 Miliar. jadi, Kalau pemerintah pusat menyetujui, kegiatan APBD kita arahkan ke jaringan irigasinya saja," terang Pebri

"Dana sebesar 62 Miliar yang kita usulkan ke Kementrian PUPR Dirjen Sumber Daya Air tersebut, Adalah untuk pembangunan baru, sedangkan untuk bangunan yang lama akan kita bongkar. karna bangunan lama sudah tidak mampu lagi mendukung luas genangan air pasca diperluas menjadi venue dayung," tutup Pebri.(hrp)

Berita Terkait

Berita Terpopuler