Kanal

Pelatihan Jurnalisme Anti Hoax dan Fake News Diikuti 150 Wartawan se Riau

Siak, Hariantimes.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau menggelar pelatihan Jurnalisme Anti Hoax dan Fake News serta Perlindungan wartawan dalam konsep Undang-Undang (UU) Pers dan UU ITE di Balairung Datuk Empat Suku Sri Siak Indrapura, Jumat (26/11/2021).

Pelatihan ini dibuka oleh Bupati Siak Drs H Alfedri MSi diwakili Asisten 3 Setdakab Siak Drs H Jamaluddin MSi.

Ketua Panitia Pelatihan Anthony Harry melaporkan, kegiatan pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan ini mengusung tema Jurnalisme Anti Hoaks dan Fake News serta Perlindungan wartawan dalam konsep Undang-Undang (UU) Pers dan UU ITE. Dan kegiatan ini diikuti sekitar 150 peserta yang terdiri atas 100 peserta dan 50 peserta luring.

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 sesi. Sesi pertama akan diisi tiga pemateri yakni Wakil Ketua Dewan Pers Hendri Ch Bangun, Ketua Advokasi/Pembelaan Wartawan PWI Pusat Octap Riady dan Direktur LBH Pers Ade Wahyudin. Sedangkan pada sesi kedua, narasumbernya yakni Ketua DKD PWI Riau H Dheni Kurnia, Sekretaris DKD PWI Riau Fendri Jaswir, Anggota DKD PWI Riau Zufra Irwan dan Anggota DKD PWI Riau Kazzaini Ks. Dan berlangsung mulai pukul 14.00 WIB hingga 22.00 WIB," beber Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan PWI Riau ini.

Selaku panitia penyelenggara, Anthony Harry menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh mitra dan sponsor, terutama SKK Migas dan K3S serta Pemerintah Kabupaten Siak yang mensupport kegiatan ini.

"Kami mengharapkan semoga kegiatan ini bermanfaat bagi seluruh peserta," harap Anthony.

Masih ditempat yang sama, Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang menyampaikan, kegiatan yang diselenggarakan ada dua acara. Pertama acara pelatihan Jurnalisme Anti Hoax dan Fake News serta Perlindungan wartawan dalam konsep Undang-Undang (UU) Pers dan UU ITE. Dan acara kedua adalah ekspedisi Taman Nasional Zamrud. 

"Mudah-mudahan acara ini bermanfaat bagi kita semua dan menambah pengetahuan kita semua," harap Zulmansyah.

Pelatihan ini, sebut Zulmansyah, diharapkan juga bisa memperkuat kemampuan rekan-rekan wartawan dalam menulis dan untuk menambah wawasan tentunya. 

"PWI sendiri melaksakan lomba karya tulis tentang taman nasional, salah satunya Taman Nasional Danau Zamrud ini,'' beber Zulmansyah

Pada kesempatan itu, Asisten 3 Setdakab Siak Jamaluddin menyatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Siak menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PWI Provinsi Riau yang telah mempercayakan Kabupaten Siak sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2022 mendatang. Rangkaian kegiatannya antara lain Diklat untuk anggota PWI Provinsi Riau dan Ekspedisi ke Taman Nasional (TN) Zamrud.

"Tentunya kegiatan diklat ini sangat penting. Artinya sebagai wartawan. Karena apa yang sudah disampaikan Ketua PWI Riau, ada anggota PWI Riau yang berkasus atau dikasuskan. Tentunya ini tidak mengenakkan bagi kita. Padahal kita ingin melaksanakan tugas dengan baik, aman dan nyaman. Sehingga kita bisa memberikan informasi-informasi berkualitas kepada masyarakat. Kemudian juga membantu pemerintah menyebarluaskan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, kami menyambut baik kegiatan diklat ini. Tentunya kami berharap kepada anggota PWI Riau yang menjadi peserta diklat mengikuti dari awal sampai akhir. Karena narasumbernya adalah pakar-pakar dari pusat dan juga daerah Riau. Kami yakin dengan pengalaman-pengalaman dari narasumber bisa memberikan pencerahan. Sehingga kedepan, kita mendapat halangan, tidak ada masalah yang kita hadapi dalam melaksanakan tugas jurnalistik. Dan kami Pemerintah Kabupaten Siak tentunya mendukung sepenuhnya kegiatan diklat dan ekspedisi ini. Karena walaupun juga, warrawan-wartawan yang ada di Kabupaten Siak ini tentu membutuhkan pengetahuan yang berguna bagi kawan-kawan wartawan anggota media di Kabupaten Siak dan Provinsi Riau," tutur Jamaluddin.(*)

Penulis: Zulmiron

Berita Terkait

Berita Terpopuler