Kanal

Rektor: Laboratorium Melahirkan Teknologi dan Inovasi Ilmu pengetahuan

Pekanbaru, Hariantimes.com - Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru menggelar Workshop World Clas Professor 2021 secara zoom, Rabu (06/10/2021).

Workshop dengan tema mengangkat teman Pengembangan Laboratorium (laboratorium development) ini dibuka oleh Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum.

Peserta Workshop merupakan kepala dan pengelola Laboratorium dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia

Pelaksanaan dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama menghadirkan narasumber dari berbagai disiplin Ilmu. Di antaranya Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian Badan Standarisasi Nasional Heru Suseno. SPi MT, Guru besar Unri Prof Dr Edy Saputra ST MT, kemudian Fandi Hidayat MSC dari pusat penelitian kelapa sawit Sumut dan sebagai moderator yaitu Dosen Fakultas Pertanian Unilak Rahmat Ramadansur MPd.

Sementara sesi II sebagai narasumber yaitu Purnabakti Laboratorium Lingkungan Sumsel Kemas Ahmad Sukri MPH Apt dan Prof Farag M Malhat dari pusat penelitian Pertanian Mesir dengan moderator Dr Indra Purnama. 

Pelaksanaan Workshop ini dilatar belakangi terpilihnya Dr Indra Purnama, dosen fakultas pertanian Unilak pada program World class Professor yang diadakan dan didanai oleh Dikti. 

Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum dalam sambutannya menyebutkan, workshop tentang pengelolaan laboratorium ini ini adalah bagian dari program world class profesor yang didanai oleh Kementerian Pendidikan Tinggi. 

"Tentu saja dalam kegiatan ini, kami ingin berbagi dengan mitra-mitra Universitas Lancang Kuning tentang bagaimana pengelolaan laboratorium," sebut Rektor.

Dijelaskan Dr Junaidi, laboratorium menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan dalam program pusat penelitian dan riset.

"Kami menyadari peran penting laboratorium di kampus di sekolah-sekolah. Keberadaan laboratorium sangat menunjang aktivitas aktivitas yang kita lakukan di dunia kampus, di dunia sekolah. Misalnya dengan adanya laboratorium yang baik, yang memadai, pengelolaannya dilakukan dengan baik tentu ini akan menghasilkan ilmu-ilmu, akan menghasilkan riset-riset yang bermanfaat, dari sisi keilmuan pun ini bisa mengembangkan keilmuan keilmuan dan untuk siswa tentu saja ini sangat penting dalam mengikuti praktikum praktikum yang dilakukan di laboratorium," jelas Rektor.

Dijelaskan Dr Junaidi, fasilitas laboratorium dan tata kelola yang baik pasti akan memberikan layanan terbaik, akan memberikan yang terbaik untuk pelaksanaan praktikum praktikum di laboratorium. 

"Pada hari ini, Pak Doktor Indra dan kawan-kawan sengaja mengundang para narasumber dan Professor yang sangat kompeten dalam bidang pengelolaan laboratorium. Mereka telah mengikuti berbagai proses praktikum di laboratorium yang memiliki pengalaman-pengalaman dan pengembangan.Pengembangan keilmuan dan pengembangan teknologi biasanya dilahirkan melalui laboratorium. Kami berharap semua peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat menimba ilmu dapat menambah skill dan kami tentu saja Lancang Kuning siap bermitra dengan lembaga manapun dengan prestasi apapun dalam pengembangan pengembangan akademik termasuk juga nanti dalam pengembangan laboratorium," beber Dr Junaidi. 

Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian Badan Standarisasi Nasional Heru Suseno SPi MT dalam pemaparannya menjabarkan tentang standarisasi suatu Laboratorium, ia juga menjelaskan persyaratan laboratorium untuk mendapatkan akreditasi. Sebelum mendapatkan akreditasi ia juga menjabarkan langkah langkah pengajuan akreditasi sebuah Laboratorium dan pentingnya sertifikasi Laboratorium baik dari lembaga dalam negeri maupun luar negeri.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler