Kanal

Camat Singingi: Ditengah Pandemi, Petani Sumber Datar Produksi 2 Ton Pepaya Per Pekan

MUARA LEMBU, HarianTimes.com - Meski di tengah hantaman pandemi Covid-19, namun tidak menyurutkan upaya Camat Singingi Deflides Gusni SP MSi dan jajaran untuk terus menggali potensi di tiap desa yang ada di seluruh wilayah kecamatan yang dipimpinnya.

Buktinya, dari kunjungan kerja yang dilakukan pada Rabu, (29/09/2021) kemarin ke Desa Sumber Datar, petani yang dibinanya mampu menghasilkan 2 ton buah pepaya madu California dalam sepekannya.

Camat Singingi Deflides  Gusni SP MSi, Kamis (30/09/2021) pagi kepada HarianTimes.com menjelaskan, petani bernama Yongki dan Toyib itu mampu memproduksi pepaya California rata-rata 2 Ton per pekan, dengan kisaran harga Rp 3000/kg, jelas Deflides yang juga ahli pertanian itu.

"Kami bersama Upika Kecamatan Singingi, selalu bersinergi untuk menggali potensi yang ada di pedesaan. Apalagi di tengah terjadinya pandemi Covid 19 saat ini, dimana dibutuhkan inovasi baru untuk menghasilkan potensi ekonomi lainnya," jelas Deflides.

"Alhamdulillah, kedua petani kita di Desa Sumber Datar ini, mampu memanfaatkan lebih kurang 2 hektare lahan tidur di desa nya untuk bercocok tanam buah pepaya. Hasilnya, dengan kisaran harga Rp 3000/kg, petani kita mampu meraup keuntungan sekitar Rp 6 juta per pekan nya," jelas Deflides.

Untuk pemasaran, produksi Pak Yongki dan Pak Toyib ini di ekspor ke Jakarta dan Medan. "Meski demikian, kedua petani tersebut cukup menunggu di lahan pertanian nya saja, sedangkan pembeli langsung datang ke lokasi untuk menjemput dan mengemas, hasil produksinya," ungkap Deflides.

"Sedangkan untuk pemupukan, kedua petani juga memanfaatkan kotoran sapi dari peternak yang ada di desa tersebut," imbuhnya.

"Jadi semua potensi yang ada, kita optimalkan untuk kemajuan masyarakat dan desa, sesuai arahan Bupati, Pak Andi Putra SH MH saat melakukan panen buah melon beberapa waktu lalu, di Teluk Kuantan," tutup Deflides.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler