Kanal

Untuk Masa Depan Indonesia, Indosat Ooredoo Berikan Lebih Dari 39.000 Beasiswa

Jakarta, Hariantimes.com - Dengan  semangat Hari Kemerdekaan Developer melalui IDCamp  2021 Indonesia ke-76, Indosat Ooredoo berkomitmen untuk memberdayakan generasi muda  Indonesia untuk menyalurkan bakat  digital mereka dan mendukung Indonesia  menjadi pusat kekuatan digital di  kawasan.  

Melalui program CSR di pilar pendidikan,  Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) , Indonesia, Indosat Ooredoo sebagai  perusahaan telekomunikasi digital memberikan beasiswa bagi developer dalam bentuk modul pembelajaran intensif agar bisa  bersaing dengan  talenta digital global memberikan lebih dari 39. 000. 

Hingga saat ini, IDCamp beasiswa angkanya masih terus bertambah. Bahkan  Indonesia masih membutuhkan sekitar  600 ribuan talenta digital per tahun.  

Menjawab kebutuhan tersebut, IDCamp  2021 bermaksud untuk mempersiapkan  generasi muda melalui beasiswa belajar coding secara online yang bersertifikasi  global.  

Pada tahun ketiga penyelenggaraannya,  IDCamp 2021 telah mencatatkan lebih  dari 39 ribu peserta dan masih akan terus  bertambah. Di mana 28 persen  di antaranya mengikuti alur belajar  

Hal  tersebut sejalan dengan semakin  meningkatnya permintaan keterampilan pemrograman di dunia kerja, mengikuti  transformasi digital besar-besaran yang  juga terjadi di negara Indonesia. 

"Dengan semangat ketangguhan dan  optimisme yang dibawa dalam perayaan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik  Indonesia, kami percaya program ini  telah berhasil memberikan manfaat bagi  para pelajar, mahasiswa, dan pencari  kerja yang mencari peluang tanpa batas  di dunia yang semakin  digital Communications Indosat Ooredoo," ulas SVPHead of Corporate Indosat Ooredoo Steve Saerang melalui siaran.pers yang dikirimkan.ke media, Jumat (20/08/2021).

Indosat Ooredoo Digital Camp atau  IDCamp pertama kali diluncurkan pada  tahun 2019 bekerjasama dengan  Dicoding, Authorized Training Partner IDCamp menawarkan tiga alur belajar dalam Google di Indonesia.  

Saat itu, IDCamp menawarkan tiga alur belajar dalam tingkat kesulitan yang  berbeda dan berhasil menarik minat 26,714 peserta di seluruh Indonesia.  

Pada tahun 2020, IDCamp mengalami peningkatan partisipasi hingga 42 persen dengan total 37.996 peserta di empat alur  belajar ini. Dan IDCamp membuka tiga alur tambahan, dengan total tujuh alur  belajar yang  tersedia yaitu Android  Developer, FrontEnd Web Developer,  iOS  Developer, Machine  Learning  Developer,  Back End Developer, Multi Apps Platform, 

Sejak  pertama  kali dan diselenggarakan, IDCamp telah memberikan beasiswa kepada 103.821 developer muda, termasuk  22.517 perempuan dan 1.512 penyandang  disabilitas.  

Rata-rata, 22,2 persen peserta adalah  perempuan dan 1,5 persen adalah  penyandang disabilitas.  

Dari sisi pendidikan, mayoritas peserta  adalah lulusan SMA atau perguruan  tinggi, baik yang sedang belajar, bekerja,  maupun sedang mencari pekerjaan. 
 
Jangkauan IDCamp juga semakin luas. 26,4 persen berasal dari luar Pulau Jawa. Antara lain Sumatera, Kalimantan,  Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku,  Papua dan terdiri dari anak muda berusia  antara 18 bahkan luar negeri. Pesertanya sebagian besar 25 tahun.  

Data ini menunjukkan bahwa generasi muda telah menyadari pentingnya  menguasai keterampilan digital untuk  memperluas peluang kerja mereka di  masa depan. 

Setelah menyelesaikan program, para  peserta akan dibekali dengan  keterampilan, sertifikasi dan akses  peningkatan karir yang dibantu oleh  Indosat Ooredoo dan Dicoding.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler