Kanal

Tim Kukerta Balek Kampung Unri 2021 Buat Website Resmi Desa Pasar Inuman

Pekanbaru, Hariantimes.com - Sebagai konsekuensi dari diberlakukannya Undang-Undang (UU) Desa, Pemerintah Desa kini dituntut untuk mempraktikkan keterbukaan informasi. 

Sebab UU Desa mengkonstruksi desa sebagai komunitas yang berpemerintahan sendiri (self governing community) yang berpegang pada asas demokrasi. Dimana warga desa juga diberikan hak untuk turut memegang kendali atas penyelenggaraan pemerintahan tersebut. 

Keterbukaan informasi yang dipraktikkan oleh Pemerintah Desa dimaksudkan agar warga desa mengetahui berbagai informasi tentang kebijakan dan praktik penyelenggaraan pemerintahan yang dijalankan. 

Melalui mekanisme ini, maka akan terbangun akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.
Oleh karena itu.

atas dasar ini, Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Desa Pasar Inuman 2021 Universitas Riau (Unri) membuat website resmi desa yang diberi nama www.pasarinuman.web.id.

Website tersebut akan memuat tentang pemerintahan desa dan artikel desa serta juga pelayanan mandiri yaitu masyarakat bisa membuat surat dan mengajukan pembutan surat dengan secara mandiri. 

Pembuatan website resmi desa ini didukung oleh platform openSID yang dikembangkan secara gratis dan bisa dikelola oleh desa sendiri. 

“Saya berharap, semoga website ini nantinya dikelola dengan baik dan bermanfaat bagi Pemerintah Desa serta masyarakat Desa Pasar inuman umumnya,” harap Penanggung jawab pembuatan website, Okta Rivaldi melalui keterangan tertulis yang dikirimkan ke Hariantimes.com, Selasa (17/08/2021).

Kegiatan serah terima sekaligus pelatihan pengelolaan website tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Pasar Inuman. Di antaranya juga empat perangkat desa yang menjadi admin pengelola website desa tersebut. 

Bahkan para perangkat desa sangat memahami dan antusias melakukan praktik pengelolaan website desa. Hal ini bertujuan agar setiap anggota perangkat desa dapat semakin memahami materi yang disampaikan dan pengoperasian website desa dapat berjalan secara terus menerus serta selalu meng-update informasi terbaru di website desa. 

Sekretaris Desa Pasar Inuman, Abdussalam sangat terbantu dengan adanya Kukerta BK Unri 2021 di Desa Pasar Inuman yang telah membuat website desa. Harapannya, berbagai informasi untuk warga bisa diakses lewat website desa dan teman-teman perangkat desa bisa mengaplikasikannya.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler