Kanal

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pascasarjana Unilak Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah

Pekanbaru, Hariantimes.com - Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Pascasarjana Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru mengadakan pelatihan penulisan artikel ilmiah, Jumat (13/08/2021).

Pelatihan yang dibuka oleh Direktur Pascasarjana Prof Dr Syafrani ini berlangsung selama empat hari yakni mulai tanggal 13 dan14 Agustus 2021 serta tanggal 20 dan 21 Agustus 2021. Sedangkan peserta pelatihan adalah mahasiswa Magister Manajemen dan Magister Ilmu Hukum.

Narasumber yang dihadirkan yaitu Dosen Universitas Diponegoro Semarang Ro'Fah Setyowati SH MHum PhD dan dari Pascasarjana Unilak Muhammad Rasyid Abdillah PhD, Dr Yeni Triana SH MH, Dr Adi Rahmat SEnMM, DrnArdiansah SH MAg. 

Berbagai materi penulisan diangkat. Di antarannya bagaimana strategi publikasi artikel ilmiah di Jurnal internasional, teknik penulisan artikel untuk Jurnal nasional. Selain itu selama pelatihan yang dilakukan secara daring ini, mahasiswa juga akan melakukan presentasi artikel ilmiah dan juga dilakukan klinik draft artikel. 

Direktur Pascasarjana Unilak Prof Dr Syafrani ditemui diruang kerjanya menjelaskan, pelatihan penulisan artikel ilmiah ini dalam rangka untuk meningkatkan kualitas mahasiswa khususnya menulis artikel.  Setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhir diwajibkan membuat artikel untuk dipublikasikan ke jurnal-jurnal terakreditasi dan ini merupakan syarat. Pelaksanaan pelatihan ini sudah angkatan kedua, dan diwajibkan kepada mahasiswa yang telah masuk pada pelaksanaan tugas akhir mereka, ujarnya. 

"Mereka (mahasiswa) kita coba memberikan kontribusi prestasi kepada Pascasarjana Unilak. Kita datangkan beberapa narasumber. Satu narasumber nasional dan 4 narasumber dari Pascasarjana Unilak. Ini artinya apa? Setelah nanti narasumber utama memberikan materi utama, maka peserta akan dibimbing oleh empat narasumber internal. Sehingga mahasiswa berhasil membuat artikel yang akan terbit di jurnal- jurnal," jelas Prof Dr Syafrani.

Selain sebagai syarat wajib untuk tugas akhir, sebut Prof Dr Syafrani, manfaat lain bagi mahasiswa mengikuti pelatihan penulisan yaitu mahasiswa bisa menulis artikel/opini dan bisa diterbitkan di media cetak dan media online. Selain itu semakin banyaknya publikasi artikel mahasiswa di Jurnal terakreditasi maka akan semakin dikenal Pascasarjana Unilak. 

"Mahasiswa mampu memberikan karya yang bisa masuk ke jurnal, dan daya saing bagus. Kita punya visi untuk menjadi universitas unggul, dan salah satu indikator adalah mahasiswa mampu mempublikasikan ke jurnal dan bermanfaat bagi masyarakat umum," katanya.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler