Kanal

Pemda Kuansing dan Inhu Bersinergi Membangun Jalan Tol Tiga Daerah

TELUK KUANTAN, HarianTimes.com - Sebagai tindaklanjut kunjungan Pemda Kuansing ke Dharmasraya yang langsung dipimpin oleh Bupati Andi Putra SH MH untuk membahas rencana pembangunan jalan tol Inhu-Kuansing-Dharmasraya pada tanggal 12 Juli 2021 yang lalu, maka pada pada tanggal 15 Juli 2021 Pemda Kuansing kembali mengadakan pertemuan dengan Pemda Inhu di Kantor Bupati Inhu di Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat.

Kali ini pertemuan dipimpin oleh Pj Sekda Kuansing Dr Agus Mandar SSos MSi bersama OPD terkait seperti Bappeda Litbang, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Perkimpertanahan, DLH serta Bagian Pemerintahan dan Kerjasama.

"Ya, insya Allah hal ini akan secepatnya bisa terlaksana nantinya. Jalan tol ini bisa mengangkat serta memajukan perekonomian masyarakat Kuansing ke depan nya, sebab jalan tol yang menghubungkan tiga kabupaten dan dua provinsi ini membuka akses jalur serta memudahkan akses perdagangan antar daerah nantinya," kata Sekda Agus Mandar, Ahad (18/07/2021) via sellulernya.

Dengan adanya jalan tol yang menghubungkan Inhu-Kuansing-Dharmasraya ini, sambung Agus Mandar, tentu memperpendek jarak tempuh ketiga daerah tersebut.

"Dengan demikian jarak tempuh dari daerah satu ke daerah lainnya akan semakin pendek atau dekat, contohnya jarak tempuh dari ibukota Kabupaten Kuansing, Teluk Kuantan ke Rengat bisa disingkat menjadi 1,5 jam nantinya, ini merupakan salah satu kemudahan sehingga bisa memajukan sektor perekonomian dan juga sektor sektor lainnya," terang Sekda Agus Mandar.

Sementara dari Pemda Inhu saat mengikuti pertemuan tersebut dipimpin langsung oleh Sekda Inhu Ir Hendrizal MSi bersama para Asisten dan OPD terkait.

Sekda Inhu memberikan apresiasi dan menyambut baik pertemuan ini sebagai bentuk sinergi dua kabupaten untuk maju bersama dalam membangun infrastruktur guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya Kabupaten Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi, kata Ir Hendrizal MSi.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Inhu dan Kuansing, masing-masing memaparkan alternatif exit tol, panjang ruas dan wilayah yang dilalui feeder jalan tol  Inhu-Kuansing-Dharmasraya.

Usai pertemuan tersebut, Sekda Inhu dan Sekda Kuansing langsung menjumpai Kadis PUPR dan PKPP Provinsi Riau M Taufiq OH untuk meminta dukungan teknis Pemprov Riau.

Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi akan mengundang Bupati Inhu, Kuansing dan Dharmasraya pada tanggal 23 Juli 2021 guna membahas percepatan Pembangunan Jalan Tol Inhu-Kuansing-Dharmasraya untuk segera diusulkan ke Menteri PUPR.

"Mudah mudahan hal ini bisa berjalan lancar dan segera terealisasikan hendaknya. Untuk itu, selain ketiga pemda berinergi dalam pembangunan tol tersebut, juga dibutuhkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat sehingga bisa cepat terlaksana," harap Sekda Kuansing Agus Mandar.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler