Kanal

Kinali Jadi Sentra Bawang Merah

LUBUK JAMBI, HarianTimes.com - Panen perdana/panen raya bawang merah dari biji (TSS) yang dilaksanakan di Desa Kinali Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, Rabu (31/10). Bupati Drs. H. Mursini, M.Si meninjau langsung aktivitas panen raya bawang merah yang didampingi Wakil Ketua I DPRD Sardiyono, A.Md dan Kepala Dinas Pertanian Ir. Emmerson.

Camat Kuantan Mudik Drs. Jevrian Apriadi, M.Si dalam sambutannya menyampaikan Desa Kinali ini akan dijadikan sentra bawang merah, Desa Aur Duri dijadikan sentra Cabe Merah, sedangkan Desa Pebaun Hilir menjadi Sentra Pariwisata, serta desa lainnya. Dengan adanya inovasi desa, maka desa di Kecamatan Kuantan Mudik akan dijadikan sentra dengan unggulan masing-masing.

Selanjutnya, Bupati Mursini dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kelompok Tani Serba Jadi Desa Kinali yang melakukan inovasi baru di Kuantan Mudik. 

"Saya berharap, kepada petani lainnya akan mengikuti inovasi lagi di setiap desa," harap Bupati Mursini.

Dikatakan Bupati Mursini, dengan hasil padi 18 ribu ton per hektare belum memenuhi kebutuhan masyarakat Kuansing. Oleh karena itu, Bupati Mursini berharap kedepannya bisa meningkatkan lagi hasil pertanian padi sehingga produksi padi di Kuansing dapat meningkat.

"Saya mengajak petani untuk bersemangat untuk melaksanakan inovasi baru di bidang pertanian khususnya di Kecamatan Kuantan Mudik ini," ajak Bupati Mursini.

Ditempat terpisah, Wakil Ketua I DPRD Kuansing Sardiyono, A.Md menyampaikan bahwa dirinya akan mendukung semua program inovasi desa ini nantinya. "Dimana ini akan menjadikan Kuansing sebagai daerah yang maju dan berkembang dibidang agrowisata maupun pariwisata," ungkapnya.

"Baik secara pribadi maupun kedewanan, saya sangat mensuport pengembangan inovasi desa ini. Kuansing yang unggul adalah Kuansing yang bisa berinovasi," ucap Sardiyono.

Hadir pada acara tersebut Kapolsek Kuantan Mudik AKP Afrizal SH MSi, Kepala Desa se-Kuantan Mudik, Korwil Pendidikan dan UPT Balai Pertanian di Kecamatan Kuantan Mudik serta Babinsa Kinali dan Danposmil TNI Kuantan Mudik Koramil 08/KM.(hrp)

Berita Terkait

Berita Terpopuler