Kanal

Gaos: Diperlukan Semangat dalam Penegakkan Hukumnya

Rohil, Hariantimes.com - Polres Rokan Hilir mengelar rapat koordinasi (rakor) lintas sekotral Operasi Zebra Muara Takus 2018 di dalam ruangan Kantor Polres Rohil, Selasa (30/10/2018).

Selain rakor, Polres Rohil juga telah melaksanakan apel Operasi Zebra Muara Takus. Apel yang dipimpin Kapolres Rokan Hilir AKBP Sigit Adi Wuryanto SIK MH tersebut dihadiri Forkopilmda.

"Acara diawali pemaparan Kasat Lantas Polres Rokan Hilir terkait rencana pelaksanaan operasi zebra tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan pengarahan Kapolres Rokan Hilir AKBP Sigit Adi Wuryanto SIK MH terkait hal-hal apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan agar operasi zebra tersebut dapat berjalan lancar dan sukses," sebut Kajari Rokan Hilir Gaos Wicaksono SH MH kepada Hariantimes.com lewat saluran whatsapp, Selasa (30/10/2018).

Untuk suksesnya operasi zebra, saran Kajari Rohil, diperlukan semangat dalam penegakkan hukumnya. Yakni, dilaksanakan dengan tetap berpijak pada aturan Undang-Undang (UU) yang ada. Selain itu, diperlukan sinergitas antara petugas satu dan yang lain dengan tetap komet pada pelaksanaan tugas yang profesional modern dan terpercaya.

"Sebelum bertugas, jangan lupa berdoa serta berikan pelayanan prima atau yang terbaik kepada masyarakat. Hindari perbuatan tercela yang dapat mencoreng institusi Polri," saran Mantan Koordinator Intelijen Kejati Riau ini.

Sesungguhnya, sebut Gaos lagi, Innamal A'malu Binniyat. Perbuatan tergantung niatnya. 

"Kalau niat kita untuk melaksanakan operasi zebra sudah baik sebagai tugas yang tulus ikhlas sebagai amal perbiatan, maka hasil yang dicapai akan optimal seperti angka kecelakaan dapat ditekan dari tahun sebelumnya, jalan menjadi tidak macet dan arus lalu lintas menjadi lancar. Insya Allah dapat membawa dampak kebaikan dan keberkahan bagi masyarakat pengguna jalan untuk lebih tertib dan taat hukum dalam berkendara. Intinya, operasi zebra ini akan menuai kesuksesan sesuai harapan," tutur Gaos.

Apakah mungkin operasi zebra tersebut akan sukses? Menurut Gaos, tentu saja. 

"Mungkin sepanjang di hati bapak-bapak dan ibu semua punya tekad keyakinan, man jadda wajada. Yang artinya, siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. Tentunya selain upaya, tidak lepas dari doa kepada Allah SWT, karena pada hakekatnya La Haula Wala Wuwwata Illa Billah. Tiada daya upaya kecuali kekuasaan milik Allah semata. Kalau Allah sudah berkehendak terjadi, maka terjadilah. Kun Fayakun. Jadi, kalau Allah SWT berkehendak, Operasi Zebra Muara Takus 2018 tersebut sukses, maka akan sukses. Kehendak Allah itu sangat dahsyat," papar Gaos.

Kejaksaan Negeri Rohil, kata Gaos, sangat mendukung Operasi Zebra Muara Takus tersebut. Khususnya dari sisi penegakkan hukumnya tegas, tanpa pandang bulu sesuai peraturan UU yang ada. Sehingga diharapkan dapat tercipta ikilm Rokan hilir yang kondusif, aman, terkendali dan tercipta kesadaran hukum masyarakat, khususnya pengguna jalan. Disamping melalui operasi zebra, tentunya juga dengan sosialisasi yang intens terhadap masyarakat, baik terkait dengan rambu-rambu lalin maupun aturan-aturan terkait lalu lintas. Lebih baik lagi, petugas lapangan dapat memberi teladan yang baik terlebih dahulu untuk diri sendiri dalam berlalu lintas. Sehingga masyarakat dapat mencontoh ataupun mengikutinya.

"Untuk jajaran Kejaksaan Negeri Rohil, Insya Allah akan tampil sebagai yang pertama. Dalam hal kepatuhan sebagai pengguna jalan terkait dg atribut yabg harus dikenakan seperti helm kalau sepeda motor, mengenakan safety belt/sabuk pengaman kalau mobil dan kelengkapan surat-surat seperti SIM, STNK," ujar Gaos seraya menyampaikan, acara berakhirpukul 10.00 WIB dengan sukses.(ron)

Berita Terkait

Berita Terpopuler