Kanal

Silat Pendekar Batuah, Silat Tertua di Kabupaten Kuansing

Teluk Kuantan, HarianTimes.com - Silat Pendekar Batuah Kenegerian Teratak Air Hitam Kecamatan Sentajo Raya merupakan silat tertua atau pertama mula adanya silat di Rantau Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.
Induak Silat Pendekar Batuah Kenegerian Teratak Air Hitam, Insarmus yang bergelar Nekar Bonsu didampingi Induak Sosoran Sosoran Pendekar Batuah Desa Seberang Teratak Air Hitam, Yansen menceritakan sejarah terkait Silat Pendekar Batuah Kenegerian Teratak Air Hitam sebagai silat tertua di Negeri Bumi Pacu Jalur Kuantan Singingi.
Menurut beliau, Silat Pendekar Batuah ini merupakan cikal bakal silat pertama kali ada di Kuantan Singingi. Dimana pada awalnya ada dua orang masyarakat dari Kenegerian Teratak Air Hitam dan Sentajo merantau menuntut ilmu silat ke Malaysia. Pendekar pertama itu bernama Yahoumin yang bergelar Nekar Batuah, karena beliau tidak bisa mengajarkan silat kepada muridnya karena muridnya akan sakit. Maka dimintalah kepada Nualit yang bergelar Nekar Bonsu untuk kembali dan mengajarkan Silat Pendekar Batuah ini kepada masyarakat atau muridnya.
 
"Nah, disinilah tempatnya pertama kali mengajarkan silat, di Sosoran Silat Pendekar Batuah Desa Seberang Teratak Air Hitam Kenegerian Teratak Air Hitam, silat pertama dan sebelumnya tidak ada sosoran atau laman silat di Kuantan Singingi ini," jelas Insarmus kepada HarianTimes.com pada Kamis (22/4/2021) malam di Sosoran Pendekar Batuah.
Lebih lanjut, Insarmus menceritakan bahwa berdirinya Silat Pendekar Batuah ini berdasarkan mufakat bersama seluruh unsur lapisan masyarakat.
 
"Maka berdirilah atas mufakat bersama para orang orang cerdik pandai, alim ulama dan pengulu untuk mendirikan Silat Pendekar Batuah ini," jelas Insarmus.
 
Kemudian, sambung Insarmus, setelah Nualit yang bergelar Nekar Bonsu diangkat menjadi guru silat, maka baru lah dilakukan penerimaan murid-murid dan berkembang sampai seperti sekarang ini, kata Insarmus.
Setelah Nualit Nekar Bonsu meninggal dunia dilanjutkan oleh guru kedua pada waktu itu atas izin Yahoumin Nekar Batuah kepada Kodam yang bergelar Nekar Sutan dan terus berkembang dan berganti guru Silat Pendekar Batuah tersebut di sosoran dan Laman Silat Pendekar Batuah ini, masih kata Insarmus.
 
Hal ini merupakan sejarah kelam silat pertama ada di bumi pacu jalur Kuantan Singingi yang hampir terlupakan oleh waktu. Dimana sosoran ini sempat mati suri selama kurang lebih 30 tahun, dan saat ini atas dukungan Kepala Desa Seberang Teratak Air Hitam, Samsul Haidi kembali diaktifkan kembali.
Kini sejalan dengan program pelestarian dan menjadikan Kabupaten Kuantan Singingi sebagai daerah destinasi pariwisata yang mampu mengundang wisatawan lebih luas serta menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Kabupaten Kuantan Singingi kedepannya. Maka Pemerintah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing akan memasukan Silat Pendekar Batuah ini sebagai salah satu destinasi wisata Kuantan Singingi.
 
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Kuansing melalui Bidang Destinasi Wisata mendukung penuh pelestarian aset pariwisata guna memajukan dan mendongkrak PAD Kuansing kedepan, salah satunya melalui destinasi wisata religi, yakni Silat Pendekar Batuah Kenegerian Teratak Air Hitam Kecamatan Sentajo Raya.
Dukungan itu tampak jelas dengan kehadiran langsung Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Wisata Dinas Parbud Kuansing, H. Nasjuneri Putra, S.T dalam prosesi latihan para pesilat Pendekar Batuah pada Kamis (22/4/2021) malam di Sosoran Silat Pendekar Batuah Desa Seberang Teratak Air Hitam, Kenegerian Teratak Air Hitam, Kecamatan Sentajo Raya.
 
"Kami sangat mengapresiasi sekali dan mendukung pelestarian destinasi wisata di Kenegerian Teratak Air Hitam, khususnya di Desa Seberang Teratak Air Hitam, yang mana sosoran ini sudah lama vacum, dan mudah mudahan kedepannya bisa terus lestari serta menambah khasanah kearifan lokal kebudayaan di Kabupaten Kuantan Singingi guna mendukung kepariwisataan dan kebudyaan di Kabupaten Kuantan Singingi," kata Nasjuneri Putra.
Ditempat yang sama, Kepala Desa Seberang Teratak Air Hitam, Samsul Haidi mengutarakan bahwa pelestarian Silat Pendekar Batuah ini merupakan niatnya pada masa pemerintahannya di periode kedua.
 
"Saat saya maju kembali dalam Pemilihan Kepala Desa yang periode kedua, ini merupakan niat dan prioritas saya selaku Kepala Desa Seberang Teratak Air Hitam, dan Alhamdulillah saya sudah 2 periode menjabat sebagai Kepala Desa sampai sekarang ini," kata Samsul Haidi.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler