Kanal

Berbuka Puasa, Empat Rumah Warga Hangus Terbakar Api

Singingi, HarianTimes.com - Empat unit rumah warga di RT 16 / RW 03 ditepi jalan poros depan Pasar lama F6 Desa Air Mas Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau ludes dalam kebakaran yang terjadi pada Rabu (21/4/2021) malam.

Hal itu dibenarkan oleh Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto, S.I.K.,M.M melalui Paur Subbag Humas Polres AKP Ipda J.L. Tobing kepada HarianTimes.com pada Kamis (22/4/2021) di Teluk Kuantan.

"Iya, ada empat rumah warga yang terbakar api dalam kebakaran yang terjadi pada saat berbuka puasa kemarin (Rabu, 21/4/2021) di Pasar lama F6 Desa Air Mas, Kecamatan Singingi," kata Paur Subbag Humas Polres Kuansing AKP J.L. Tobing.

Ditempat terpisah, Kapolsek Singingi AKP Asdisyah Mursyid, S.H juga membenarkan hal yang sama ketika di konfirmasi HarianTimes.com pada Kamis (22/4/2021) malam di Singingi.

Menurut Kapolsek Singingi kejadian kebakaran rumah warga di depan Pasar lama F6 Desa Air Mas Kecamatan Singingi ini pertama kali diketahui oleh salah seorang pedagang yang tengah berkemas barang jualannya di kawasan pasar tersebut.

Dimana api pertama sekali terlihat berasal dari rumah warga atas nama Hari (45), pada Rabu (21/4/2021) sekira pukul 18.20 WIB saat berbuka puasa.

"Menurut keterangan saksi saudara Ramon (35) menjelaskan bahwasanya pada saat kejadian dia masih berkemas barang jualan nya untuk persiapan berbuka puasa, kemudian saudara Ramon melihat ada asap hitam dari rumah kak Ndut / saudara Hari (45)(suaminya), dan tak lama barulah muncul api besar," kata Kapolsek Singingi AKP Asdisyah Mursyid, S.H kepada HarianTimes.com menceritakan kronologis kejadian.

Setelah itu sambung Kapolsek, saksi an. Ramon (35) yang berdagang di pasar tersebut memberitahukan kepada warga yang lainnya bahwa terjadinya kebakaran tersebut.

"Kemudian saudara Ramon berteriak meminta tolong, baru lah warga sekitar rumah keluar dan berusaha memadamkan api tersebut dengan alat seadanya seperti ember, dan sebagainya. Api dapat dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB," terang Kapolsek.

Adapun pemilik rumah warga yang hangus terbakar sebanyak 4 unit rumah tersebut, yakni An. Adi Mustar (40), an. Hari (45), an. Hasan Basri (63), dan an. Sudirman Has (66).

Selain empat unit rumah warga yang terbakar hangus tersebut, kata Kapolsek Singingi, dalam kebakaran yang terjadi pada Rabu malam itu juga ada sebanyak 2 rumah warga sengaja dirusak guna memutuskan penyebaran api, yakni an. Adi Kurniawan (37) dan an. Muhtaromah (56).

"Hal itu dilakukan untuk memutuskan penyebaran api, agar api tidak menyebar lebih luas lagi ke rumah rumah warga lainnya," terang Kapolsek.

Sejauh ini kata Kapolsek, penyebab terjadi nya kebakaran tersebut, diduga karena Korsleting listrik. Sebagai akibat yang ditimbulkan dari kebakaran yang terjadi tersebut, "Kerugian material akibat kebakaran ini diperkirakan sebesar Rp. 900.000.000,- (Sembilan ratus juta rupiah)," kata Kapolsek.

Selama kebakaran terjadi, warga juga dibantu oleh 3 unit mobil damkar milik Pemkab Kuansing dan 2 unit mobil tangki yang berkapasitas 1 ton air milik perusahaan, guna membantu pendinginan lokasi pasca kebakaran.

Pasca kebakaran tersebut, sudah dilakukan olah TKP oleh Team Identifikasi Polres Kuansing yang dipimpin Ipda Bambang dan anggota, tutup AKP Asdisyah Mursyid.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler