Kanal

Terjebak di Kolam Ikan, Evakuasi Tapir Jadi Tontonan Warga Perumahan Cendrawasih

Pekanbaru, Hariantimes.com - Se ekor Tapir terjebak masuk dalam kolam ikan di perumahan yang terletak di Kelurahan Air Putih, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru, Selasa (20/04/2021).

Tapir terjebak di kolam ikan semen berukuran sekitar 5 x 6 meter dengan kedalaman sekitar 170 cm yang sedang dikosongkan namun dipenuhi air. Kolam ikan milik warga bernama Juleha berada di perumahan bersebelahan dengan kebun sawit yang tidak begitu luas, namun terdapat aliran sungai kecil. 

Berdasarkan keterangan pemilik kolam, Juleha, sekitar pukul 12.00 WIB siang dirinya mendengar bunyi yang sangat keras. Begitu dilihat, ada Tapir masuk ke dalam kolam ikan miliknya. Kemungkinan Tapir tersebut sedang mencari makan di kebun dekat kolamnya dan terjerembab masuk dalam kolam tersebut. 

Dan pukul 13.20 WIB, call centre Balai Besar KSDA Riau mendapat laporan dari masyarakat tentang adanya satwa liar dilindungi terjebak masuk dalam kolam ikan. Lalu Tim Rescue segera diturunkan untuk melakukan evakuasi. 

Dokter Danang bersama paramedis dan perawat satwa segera menuju ke lokasi yang berada di perumahan Cendrawasih, Jalan Garuda Sakti kilometer 3 Pekanbaru.

Tim Balai Besar KSDA Riau bersama dengan warga perumahan, aparat desa, Polisi dan Babhinsa berusaha melakukan evakuasi. Proses evakuasi berjalan cukup sulit, dikarenakan Tapir dengan bobot lumayan berat tersebut berada pada kolam air. 

Upaya pembiusan sudah dilakukan dengan dosis maksimal, namun  belum memberikan efek yang sempurna. Sehingga dilakukan upaya penggunaan kandang evakuasi dengan cara digiring. Tepat pukul 18.45 WIB, Tapir masuk ke dalam kandang evakuasi. 

"Untuk proses pemulihan dan observasi oleh Tim medis Balai Besar KSDA Riau, Tapir tersebut sementara dititipkan ke Lembaga Konservasi Kasang Kulim, mengingat keterbatasan kandang di klinik transit satwa Balai Besar KSDA Riau," sebut Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler