Kanal

Korem 023/KS Bekali Prajurit Ilmu Teritorial

Sibolga, Hariantimes.com - Komando Resor Militer (Korem) 023/KS membekali prajuritnya dengan ilmu teritorial.

Ilmu teritorial ini sebagai modal dasar prajurit TNI dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Pembekalan ilmu teritorial tersebut dilaksanakan di Joglo  Korem 023/KS, jalan Datuk Itam Nomor 1 Sibolga, Rabu ( 24/10/2018 ).

Perwira Seksi Bhakti  Korem 023/KS  Mayor  Arm Wasno  selaku pemberi materi dalam keterangannya menjelaskan, Korem 023/KS  selaku Subkompartemen Strategis satuan komando kewilayahan mempunyai tugas menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) juang yang tangguh. Yakni Geografi, Demografi, dan Kondisi sosial yang meliputi IPOLEKSOSBUDHANKAMNAS  melalui pembinaan sumber daya manusia, sumber daya alam dan sumber daya buatan yang tangguh untuk menghadapi perang.

UU TNI Nomor 34 Tahun  2004 Bab IV bagian ketiga tentang tugas pada pasal 7 ayat (2), jelas Mayor Arm Wasno, memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan Sishanta. Atau yang lebih dikenal dengan istilah Binter. Dimana dilihat dari perspektif teknis militer, merupakan salah satu istilah teknis dalam ilmu kemiliteran. Sedangkan dalam perspektif kegiatan adalah upaya, pekerjaan dan kegiatan, baik secara berdiri sendiri maupun bersama dengan aparat terkait dan komponen bangsa lainnya untuk membantu pemerintah menyiapkan kekuatan pertahanan aspek darat, yang meliputi wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya serta terwujudnya kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Binter TNI AD merupakan bagian dari tugas yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka tercapainya tugas pokok TNI AD. Dalam mewujudkan dan memelihara semangat kemanunggalan TNI-Rakyat maka diperlukan suatu sikap perilaku Prajurit TNI AD yang baik, agar menimbulkan citra positif di masyarakat. Sikap perilaku Prajurit  TNI AD tersebut dikenal dengan nama sikap teritorial yang dalam pengamalannya disesuaikan dengan hakekat Binter yaitu “Baik-baik dengan rakyat,” terang Mayor  Arm Wasno melalui saluran whatsapp yang diterima Hariantimes.com, Rabu (24/10/2018).

Dengan modal ilmu pengetahuan dengan berlandaskan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI, tugas akan dapat terlaksana dengan baik dan menjadi prajurit yang dicintai rakyat, tetaplah semangat dan selalu gembira dalam melaksanakan tugas.(ron)

Berita Terkait

Berita Terpopuler