Kanal

Jalan Pemprov Rusak Parah, Masyarakat Menunggu Perhatian Kadis PUPR

Baserah, HarianTimes.com - Jalan lintas Provinsi Riau rute Teluk Kuantan - Rengat, tepatnya di depan SMPN 1 Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) mengalami kerusakan parah.

Menurut keterangan warga, kondisi seperti ini sudah terjadi sejak tahun 2020 lalu alias sudah hampir setahun. Namun sampai hari ini jalan lintas yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Riau itu tak kunjung ada perbaikan. Tak ayal setiap kendaraan yang melintas mengalami kesusahan bahkan harus tidur disitu akibat terperosok lubang menganga tersebut.

Sudah seharusnya Pemprov Riau secepatnya melakukan perbaikan, apalagi kondisi jalan yang saat ini rusak parah berada tepat didepan pintu gerbang keluar-masuk akses persekolahan di SMPN 1 Kuantan Hilir Kabupaten Kuansing tersebut.

Jika kondisi seperti ini dibiarkan lebih lama lagi, dikhawatirkan akan menimbulkan korban jiwa akibat kondisi jalan tersebut. Jika terjadi kecelakaan lalu lintas akibat kondisi jalan seperti ini, tidak hanya korban dan masyarakat yang akan menanggung resikonya. Tapi Dinas PUPR Provinsi Riau juga bisa diberikan sanksi atas diabaikannya kondisi seperti ini.

Menurut keterangan Kepala Desa Simpang Tanah Lapang, Jefriyoni mengatakan, jika kondisi ini tidak segera diatasi dan menjadi prioritas perhatian Pemprov Riau selaku pemilik kewenangan atas jalan ini, tidak hanya Pemprov yang akan menanggung resikonya, tapi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing juga akan menanggung rugi akibat kondisi ini.

"Mudah mudahan cepat diatasi. Kalau disitu macet akibat mobil terpuruk, sasaran (yang akan dilalui) mobil besar (tronton) bermuatan berat ke jalan di Desa kami (Jalan Pemkab Kuansing)," kata Kades Simpang Tanah Lapang, Jefriyoni pada Jum'at (29/1/2021) malam di Baserah.

Dengan kondisi jalan seperti ini, banyak menuai keluhan dari warga dan pengguna jalan lainnya. Seperti yang diungkapkan salah seorang sopir truck tronton, Roni (34) mengaku sudah 4 kali mengalami hal yang sama di tempat tersebut.

"Sudah 4 kali terpuruk disini. Tapi ya bagaimana lagi, harus kita lewati," ujarnya pada Sabtu (30/1/2021) di Baserah.

H. Doni Aprialdi, S.H, salah seorang Tokoh Masyarakat Baserah yang juga merupakan mantan Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Riau itu juga mengatakan dalam group WA daerah setempat "UGHANG BASOGHA" bahwa dirinya sudah menyampaikan kepada Kepala Dinas PUPR dan PKPP Riau, M. Taufiq OH.

"Barusan foto diatas ambo (saya) kirim ke pak kadis PU Provinsi. Beliau langsung respon dan ambo (saya) sampaikan itu jalan provinsi persis depan Smp neg. 1 Baserah," tulisnya di WAG tersebut.

Untuk itu, masyarakat dan pengguna jalan tersebut sangat berharap kepada pemerintah untuk segera melakukan perbaikan terhadap kondisi jalan tersebut. Sebab, selain membahayakan nyawa pengguna jalan juga di kiri dan kanan jalan tersebut juga terdapat pipa air bersih (PDAM) milik Pemkab Kuansing yang mengalir ke rumah-rumah warga di Baserah.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler