Kanal

Progres Pembebasan Lahan Jalan 70 Sudah Dibuka 7 Km Walikota: Jika Akses Jalan Ada, Investasi Masuk

Pekanbaru, Hariantimes.com - Progres pembebasan lahan untuk Jalan 70 melewati Okura ke pintu  tol Pekanbaru-Dumai  sampai ke Jalan Yos Sudarso dengan panjang 12,8  kilometer saat ini sudah dibuka 7 kilometer (km). 

Sementara sekitar 6 kilometer kurang lagi, masih dalam tahap  pembebasan secara konsinyasi tanah (KT, red).

Sedangkan untuk progres Jalan 45 yang menghubungkan Jalan Teluk Lembu Ujung  menuju Kawasan Industri Tenayan (KIT) sekitar 6 kilometer juga masih  dalam pembahasan KT.

"Kedua jalan tersebut manfaatnya juga untuk masyarakat sendiri. Saat  ini akses jalan ke Kelurahan Tebing Tinggi ke Okura belum memadai. Saat  ini, kita masih memanfaatkan Jalan Pramuka dan Jalan Raja Panjang yang  berkapasitas hanya 5 ton. Semestinya untuk angkutan Industri, standarnya  8 ton," terang Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT saat memimpin rapat lanjutan koordinasi terpadu terkait pembahasan Jalan 70 dan Jalan 45 di Kantor Camat Rumbai Timur, baru-baru ini.

Rapat dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis seperti  Dinas Pertanahan, Dinas PUPR, Dinas Pertanian dan Perikanan, Pemerintah  Kecamatan dan Perangkat Kelurahan Rumbai Timur serta tokoh masyarakat.

Padahal, kata Walikota, minat masyarakat untuk berinvestasi di  Kecamatan Rumbai Timur sangat tinggi. Hal ini terbukti telah dibukanya  Perusahaan Pupuk di Kelurahan Tebing Tinggi Okura.

"Kita juga menjadikan Kelurahan Tebing Tinggi Okura sebagai Kawasan Industri Kecil-Menengah. Berbeda dengan KIT yang padat modal, Kawasan  Indsutri ini hanya untuk industri makanan, minuman, konveksi dan lain  sebagainya," kata Walikota.

Jika rencana ini berjalan, kata Walikota, itu sangat menguntungkan masyarakat. 

"Jika akses jalan ada, investasi masuk.  Perusahaan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar. Selain  itu, harga tanah masyarakat sekitar Jalan 70 dan Jalan 45 menjadi naik  harganya," jelas Walikota seraya mengucapkan terimakasih kepada  perangkat Kecamatan, Kelurahan dan RT/RW yang telah melakukan  sosialisasi kepada masyarakat terkait pembebasan lahan untuk pembangunan  infrastruktur jalan.

"Kami juga berterimakasih kepada masyarakat pemilik lahan yang sudah  terbuka cakrawalanya untuk paham pentingnya infrastruktur terutama  jalan. Karena untuk pemulihan ekonomi nasional, kita harus siapkan infrastruktur pentingnya. Terutama akses jalan, agar investasi masuk dan lapangan kerja terbuka," ujar Walikota.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler