Kanal

7 Mahasiswa UIR Terima Beasiswa Cendekia dan Uang Saku Bulanan

Pekanbaru, Hariantimes.com - Tujuh mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) menerima bantuan beasiswa cendekia dan uang saku bulanan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pusat.

Ketujuh mahasiswa penerima beasiswa itu masing-masing Sukronagustiar dari Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian, Bastian Abdullah (Agribisnis Fakultas Pertanian), Gustrinazul (Agribisnis Fakultas Pertanian), Theresya (Pendidikan Agama Islam FAI), Ilham (Pendidikan Agama Islam FAI), Cindy Dwi Lestari (Ilmu Pemerintahan Fisipol) dan Ade Dwi Perdana (Agroteknologi Fakultas Pertanian).

"Bantuan biaya pendidikan untuk ketujuh mahasiswa ini merupakan realisasi ditandatanganinya Memory of Agreemnet (MoA) oleh Sekretaris LDIK Anton Afrizal Candra dengan Baznas Pusat di Kementerian Agama, September 2018 lalu," ungkap Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL pada acara penyerahan bantuan beasiswa tersebut di Gedung Rektorat UIR Kampus Perhentian Marpoyan Pekanbaru, Rabu (10/10/2018) siang.

Bersempena dengan penyerahan beasiswa itu  dilakukan pula penandatanganan akad antara penerima beasiswa dengan Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL.

Acara itu turut dihadiri Wakil Rektor I Dr H Syafhendry, Wakil Rektor II Ir Asrol, Wakil Rektor III Ir Rosyadi, Ketua LDIK Dr Zulhelmy dan Sekretaris Anton Afrizal Candra SAg MSi, serta Dekan-dekan fakultas di lingkungan UIR.

Rektor mengatakan, masing-masing mahasiswa memperoleh bantuan biaya pendidikan berupa SPP/UKT maksimal Rp4 juta per semester sampai semester delapan dan uang saku senilai Rp400 ribu per bulan. Dalam akad yang diteken mahasiswa, mereka berkewajiban menjunjung tinggi akhlak islami dan kemuliaan Islam. Menjaga nama baik institusi lembaga Baznas dan NKRI.

Kewajiban lainnya, mematuhi seluruh peraturan yang berlaku dalam program beasiswa cendekia Baznas, siap mendukung, mengikuti dan berkontribusi dalam program-program dan pembinaan lembaga Baznas. Serta siap menerima konsekuensi pemutusan akad bila dikeluarkan dari universitas karena alasan indisipliner, pencemaran nama baik dan sejenisnya. Juga tidak memenuhi kriteria Indeks Evaluasi yang ditetapkan oleh program beasiswa cendekia.

"Kepada penerima beasiswa diingatkan akan kewajiban yang telah disepekati di dalam akad. Terutama menyangkut konsekuensi yang mengakibatkan terjadinya pemutusan akad. Atas nama Rektor saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas Pusat yang telah memberi bantuan pendidikan kepada mahasiswa UIR termasuk uang bulanan. Karena beasiswa ini besar sekali manfaatnya bagi UIR dan bagi penerima. Dan Tim telah menseleksi secara ketat para penerima beasiswa. Mudah-mudahan kerjasama UIR dengan Baznas Pusat dapat ditingkatkan lagi di tahun depan,'' ujar Rektor. 

Minggu lalu, lanjutnya, Baznas Provinsi Riau juga menyalurkan beasiswa  bersama-sama dengan Unit Pengumpul Zakat UIR.(ron)

Berita Terkait

Berita Terpopuler