Kanal

Akibat Hujan, Luapan Sungai Rendam Puluhan Rumah di Rambahan LTD

Rambahan, HarianTimes.com - Guyuran hujan deras mengakibatkan sejumlah anak sungai meluap di daerah dataran tinggi tepatnya di Desa Rambahan Kecamatan Logas Tanah Darat (LTD), Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Sabtu (7/11/2020) malam.

Hal itu dibenarkan Kepala Desa Rambahan, Al Nasri kepada HarianTimes.com pada Minggu (8/11/2020) dinihari.

Menurut Kepala Desa Rambahan, banjir ini diakibatkan luapan sungai yang sudah tidak mampu menampung banyaknya atau tingginya curah hujan yang turun selama ber jam-jam dan kondisi sungai yang bermuara dari areal perusahaan PT RAPP ini cukup memprihatinkan saat ini.

"Akibat hujan deras selama 4 jam, Sungai Batang Papan ini meluap, ini salah satu anak sungai yang seringkali meluap apabila hujan turun dan mengakibatkan terjadinya banjir," terang Kades yang akrab disapa Linat.

Kades Rambahan ini juga menjelaskan bahwa dari informasi yang dirangkumnya dari warganya tersebut, banjir masih akan bertambah hingga siang. "Informasi dari salah seorang warga dibagian hulu sungai, banjir masih mengkhawatirkan dan kemungkinan ketinggian rendaman air masih akan bertambah," terang Al Nasri.

Sejauh ini, kata Al Nasri, ketinggian rendaman banjir yang sudah menggenangi pemukiman warganya itu, sudah setinggi 1 meteran. Dan kondisi ini, sambungnya, masih akan terus bertambah. Sebab dibagian hulu masih meninggi dan diyakini luapan sungai-sungai lainnya juga akan terjadi nantinya.

"Sebanyak 80 KK sudah terendam, dari 315 KK yang ada di Desa Rambahan. Kita menghimbau, kepada seluruh warga untuk tetap waspada dan selamatkan barang barang serta ternak nya dari rendaman banjir. Karena dari informasi yang ada, genangan air ini masih akan berdampak serta bertambah ketinggiannya," terang Nasri.

Kades Rambahan berharap, agar adanya perhatian dari semua pihak terhadap warganya yang terdampak akibat terjadinya banjir saat ini. Ditambah lagi ditengah situasi terjadinya pandemi Covid-19 ini.

"Semoga banjir ini cepat berlalu, dan masyarakat tetap waspada akan terjadinya musibah, baik itu banjir maupun yang lainnya ditengah terjadinya musim hujan seperti sekarang ini," himbaunya.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler