Kanal

Mahasiswa Harus Jadi Agent of Change dan Agent of Social Control

Meranti, Hariantimes.com - Mahasiswa setidaknya harus menjadi agent of change, yakni menjadi mahasiswa yang siap membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

Disamping itu juga sebagai agent of social control yakni siap menjadi pengontrol sosial dan iron stock yakni mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin masa depan. 

BACA JUGA Mahasiswa Meranti Harus Mampu Jadi Orang Hebat, Pesan Elviandi di LDK

Masrul Kasmi: Mahasiswa Meranti Punya Potensi Besar dalam Memimpin

Tidak hanya itu, mahasiswa dituntut untuk bergabung dengan organisasi agar memiliki relasi dan mengasah kemampuan dalam memimpin dan dipimpin. Namun jangan sampai lupa menjadi sarjana dengan cepat menyelesaikan studinya di kampus. 

"Kepada mahasiswa diharapkan agar tetap semangat membaca buku dan melek informasi. Kemudian rajin berdiskusi untuk mengolah mindset nalar berpikir kritis dan juga rajin menulis," pesan eks Gubernur Mahasiswa Fakultas Syariah dan Ilmu ahukum UIN Suska Riau Dasuki SH pada kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang digelar oleh Laskar Muda Melayu Riau (LM2R) di rumah panggung Durian Irwan Nasir di Desa Alai Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Sabtu (24/10/2020).

Pria yang sehari-hari akrab dipanggil Coki ini diketahui sewaktu menjadi mahasiswa juga pernah menjabat Wakil Presiden Mahasiswa. Tak hanya itu, saat moderator menyampaikan biodata pemateri ternyata Dasuki SH diketahui memiliki segudang pengalaman organisasi.

Mantan Sekjen Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Kepulauan Meranti (IPMK2M) Pekanbaru Edi Candra saat menjadi moderator acara mengawali materi menyampaikan biodata pemateri.

"Alhamdulilah hari ini kita dihadiri pemateri yang luar biasa pengalaman organisasinya. Dimulai dari menjadi Ketua Remaja Masjid Al-Munawwar di Desa Mengkirau saat menginjak sekolah MTS. Kemudian masuk ke SMA Negeri 1 Merbau menjadi Ketua OSIS dan Rohis. Juga terlibat ikut paskibraka. Tamat dari SMA Negeri 1 Merbau, melanjutkan kuliah di Kampus UIN Suska Riau. Mengambil jurusan ilmu hukum, konsentrasi hukum tatanegara. Di jurusan menjadi bupati mahasiswa. Kemudian menjadi Ketua Rohis FK-Massya,  menjadi Gubernur mahasiswa Fakultas Syariah dan ilmu hukum, Wakil presiden mahasiswa. Sementara di eksternal kampus pernah menjadi ketua organisasi Ikatan Pelajar Mahasiswa Mengkirau (IPMM) Pekanbaru, Ketua Himpunan Pelajar Mahasiswa Kecamatan Merbau (HIPMAM), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Riau. IPMK2 Pekanbaru, pernah menjadi Tim Debat Hukum UIN Suska Riau yang mengikuti lomba sampai di Kampus Universitas Indonesia (UI), ikut menjadi Ketua Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (Ismahi) wilayah sumbateng. Dan tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia(BEM SI) "Terang Edi Candra moderator Materi Manajemen organisasi disambut tepukan gemuruh dari peserta pelatihan.

Kegiatan ini dihadiri puluhan mahasiswa Meranti yang didominasi oleh mahasiswa yang kuliah di Kampus AMIK Selatpanjang dan juga STAI Nurul Hidayah. Namun juga ada mahasiswa berasal dari Meranti yang kuliah di kampus luar Meranti seperti Pekanbaru, Kampar, Medan bahkan Jakarta.

Ketua Laskar Muda Melayu Riau (LM2R) Jefrizal saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan latihan kepemimpinan dasar yang ditaja ini memiliki maksud dan tujuan yang baik.

"Alhamdulilah kita melakukan agenda kegiatan pelatihan ini untuk mahasiswa Meranti agar kedepannya menjadi mahasiswa yang kritis, memiliki inovasi kreativitas yang produktif, juga siap menghadapi tantangan agar sukses dalam memimpin negeri dimasa depan," terang Jefrizal.

Salah satu peserta yang mengikuti pemaparan materi manajeman organisasi dari Dasuki SH merasakan puas.

"Alhamdulilah kami mewakili peserta mendapatkan semangat dan motivasi serta ilmu baru tentang manajemen organisasi yakni seni mengelola organisasi dengan baik, ada perencanaan, pengorganisasian, pengaktualisasian, mengontrol dan kemudian  mengevaluasi juga mendapat informasi sejarah panjang tentang kemahasiswaan. Tak terasa waktu berlalu cepat sementara kami asyik menikmati setiap kalimat yang disampaikan oleh pemateri. Memang luar biasa. Saya sendiri jarang mendapatkan pemateri yang penuh talenta dalam menyampaikan ide dan gagasannya. Bisa serius juga humoris sehingga kami menikmati ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh Pak Coki. Saya tahunya beliau Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Meranti dan Pendiri juga Ketua Pertama Komunikasi Gemar  berbagi Membangun Negeri (GBMN) Meranti dipekanbaru yang sering mengadakan baksos dimasyarakat pedalaman Meranti, ternyata beliau masih banyak aktivitas lainnya saat pasca kampus yang sudah banyak menebar kebaikan," tutur Rudi.

Peserta pelatihan direncanakan akan mengikuti acara sampai hari Minggu (25/10/2020) dengan menginap di pondok durian Bupati Meranti Desa Alai Kecamatan Tebing Tinggi barat.(*)


Penulis: Tengku Harzuin

Berita Terkait

Berita Terpopuler