Kanal

Bupati Kampar Buka Pelatihan Aplikasi Dapodik Paud Dikdasmen

Kampar, Hariantimes.com - Kepala sekolah (Kepsek) se Kecamatan Siak Hulu, Perhentian Raja dan Kampar Kiri Hiir mengikuti pelatihan aplikasi Dapodik paud Dikdasmen versi 2021 dan laporan bulanan online tahun 2021, Selasa (25/08/2020).

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Aula BLPP Kecamatan Siak Hulu ini dibuka langsung oleh Bupati Kampar, H. Catur Sugeng Susanto SH.

Dalam arahannya, Bupati mengatakan, pelatihan ini dilakukan guna menyambut era teknologi informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Permendikbud RI Nomor 79 tahun 2015 tentang data pokok pendidikan yang menjadi awal dimulainya era pendataan yang lebih terstruktur, masif dan berkualitas. Sehingga data dan perencanaan mulai dari Kabupaten sampai Pusat dapat disinkronkan.

"Ini salah satu bagian untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kampar yang berbasis online," sebut Bupati

Ditambahkan Catur, kegiatan pendataan di lingkungan pendidikan dasar dan menengah telah terintegrasi menggunakan aplikasi dapodikdasmen yang mencakup 3 jenjang pendidikan. Yang mana saat ini dapat digunakan sebagai basis data untuk program unggulan Kemendikbud. Bahkan Dapodik merupakan satu-satunya acuan data yang digunakan dalam setiap kegiatan di Kemendikbud.

Catur juga mengatakan, saat ini  tugas operator sekolah bukan hanya menjalankan aplikasi dapodik saja. Seiring dengan perkembangan teknologi, menuntut adanya efisiensi dan efektivitas yang lebih baik daripada melalui metode laporan manual membuat semakin banyak lahirnya aplikasi-aplikasi komputer lainnya yang harus dikerjakan oleh operator sekolah. Sehingga operator Dapodik kini disebut sebagai operator sekolah. Meski begitu, tupoksi yang diemban oleh operator sekolah ini begitu banyak hampir meliputi keseluruhan aspek data sekolah. Bahkan hampir segala bentuk laporan yang berbasis komputer baik yang sifat mandiri maupun yang global.(*)

Berita Terkait

Berita Terpopuler