Kanal

Ilham: 60 Persen dari Masyarakat Bermain di Dunia Maya

Jateng, Hariantimes.com - Media sosial secara perlahan menggeser peranan pers dalam media pemberitaan.

Bagaimana tidak? Buktinya, ada 160 juta orang di Indonesia terhubung ke internet. Artinya, 60 persen dari masyarakat bermain di dunia maya. Sedangkan media televisi hanya menjangkau 80 juta masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan Pengarah Kongres PWI, Ilham Bintang saat jumpa pers di Rumah Makan Adem Ayem, Solo, Jawa Tengah, Rabu (26/09/2018) kemarin.

Perbandingan angka tersebut, jelas Ilham, merupakan pertanda dunia maya atau media sosial lebih banyak menjangkau masyarakat dibandingkan pers sekalipun itu adalah media siber atau online.

"Bahkan beberapa pemerhati pers kemudian khawatir dengan munculnya pandangan di masyarakat bahwa media sosial itu adalah realita sosial yang sebenarnya," jelasnya.

Lebih mirisnya lagi, sambungnya, media mainstream yang berasakan etika jurnalistik, seolah hanya menjadi tempat klarifikasi atau pemadam kebakaran saat media sosial bermunculan hoaks yang berakibat ributnya masyarakat.

Sehingga, kata Ilham, melalui Kongres PWI yang mengangkat tema "Menegakkan Pers Kebangsaan yang Independen, Profesional dan Berintegritas" kemudian pers Indonesia dapat mengembalikan marwahnya sebagai bagian terpercaya dalam memberikan kabar dan berita.

"Ini yang ingin kita kembalikan bahwa marwah pers yang berprinsip pada etika yang tidak dimiliki media sosial," ujar Ilham.(*/ron)

Berita Terkait

Berita Terpopuler