Kanal

Bupati Mursini Tebarkan Ratusan Ribu Benih Ikan Disejumlah Titik Lokasi

Lubuk Jambi, HarianTimes.com - Bupati Kuansing H Mursini tebarkan ratusan ribu ekor benih ikan di Danau Kebun Nopi Venue Dayung Kuantan Singingi, Desa Bukit Pedusunan, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Senin (20/7/2020).

Bupati H Mursini yang didampingi Kadis Perikanan, Zapnil Helmi mengatakan bahwa penebaran bibit ikan ini merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam Jambi.

Dalam arahannya, Bupati Mursini mengajak kepada seluruh masyarakat agar senantiasa bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih pada BPBAT Jambi yang telah memberikan bantuan benih ikan untuk perairan umumnya di Kabupaten Kuansing. "lni merupakan bantuan kedua pada tahun 2020 setelah bulan Maret kemarin," ucapnya.

"Saya menghimbau kepada Pokwasmas untuk sama sama mengajak masyarakat menjaga dan memelihara ikan yang telah ditebar ini jangan diputas atau dibunuh, supaya bisa dipanen bersama untuk meningkatkan kebutuhan gizi makanan dan pendapatan masyarakat sekitar nantinya," kata Bupati.

"Selain itu, juga untuk melestarikan perairan kita secara umumnya dari kepunahan ikan ikan lokal untuk menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan," ajak Bupati yang menyandang gelar adat Datuk Setia Amanah H Mursini itu.

Sementara itu Plt Kadis Perikanan Kuansing, Zapnil Helmi mengatakan jenis benih ikan yang ditebar yaitu ikan jelawat atau silomak. Dimana jenis ikan ini merupakan jenis ikan lokal yang saat ini tengah digalakkan pembudidayaannya agar terhindar dari kepunahan.

Menurut Zapnil, benih ikan jenis lokal ini yang didapati Kabupaten Kuansing dari bantuan BPBAT Sungai Gelam Jambi itu berjumlah ratusan ribu ekor, yang dibagi untuk beberapa titik lokasi di seluruh wilayah Kuansing.

Adapun rincian jumlah dan lokasi penebarannya tersebut, yakini di Perairan umum Danau Kebun Nopi yang dikelola oleh Kelompok Pengawas Masyarakat Perikanan (Pokwasmas)  Danau Batuah sebanyak 50.000 ekor, Pokwasmas Putra Nagedang Bendungan Nagedang Giri Sako (Logas Tanah Darat) sebanyak 50.000 ekor, Pokwasmas Tepian Timbang Bungo Pengantin Danau Sungai Sorik (Kuantan Hilir Seberang) sebanyak 50.000 ekor dan Pokwasmas Pasak Malintang Danau Pauh (Pangean) sebanyak 50.000 ekor. Dengan jumlah total keseluruhannya 200.000 ekor, ujar Zapnil.

Sejauh ini, lanjut Zapnil, yang telah dilakukan penebarannya secara simbolis oleh Bupati Kuansing H Mursini secara keseluruhannya sebanyak 10.000 ekor. Sisanya akan dilanjutkan, ucap mantan Sekretaris Bappedalitbang Kuansing itu.

"Kita berharap enam bulan kedepan akan nampak perkembangan ikan ini, tetap terpelihara dengan baik, dan semoga berkembang biak dan tidak punah diperairan kita selanjutnya," tutup Zafnil.*

Berita Terkait

Berita Terpopuler