Kanal

Danrem 031/WB: Mari Kita Bersama-sama Melaksanakan Swasembada Pangan

Rohil, Hariantimes.com - Danrem 031/WB Brigjen TNI Sonny Aprianto SE MM Panen Raya padi di areal seluas 304 hektare di Desa Pematang Sikek Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rohil, Selasa (25/09/2018).

Acara tersebut juga dihadiri Plt Gubernur Riau Wan Tamrin, Bupati Kabupaten Rokan Hilir H Suyatno,  Forkopimda Rohil dan masyarakat di lingkungan setempat. 

“Saya menyambut gembira pelaksanaan panen raya padi ini. kita semua patut bangga pada petani kita yang bekerja keras, tidak kenal lelah dengan didukung oleh para pendamping, prajurit TNI khususnya Babinsa dari Koramil dan Kodim setempat. Sehingga hasilnya bisa kita lihat dan bisa memuaskan kita semua. Apalagi Luas Tambah Tanam (LTT) yang diberikan pusat terpenuhi dengan adanya panen raya ini. Saya ucapakan terimakasih kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Rohil yang telah berhasil melaksanakan panen raya padi seluas 304 hektare ini. Mari kita bersama-sama melaksanakan swasembada pangan agar Bangsa Indonesia tidak lagi mengimpor beras dari Negara luar," ujar Danrem.

Menurut Danrem, pertanian merupakan salah satu sektor penting penopang perekonomian nasional. Terlebih dalam mengatasi dampak krisis ekonomi yang sampai kini belum sepenuhnya pulih. Akan tetapi, realita yang dihadapi saat ini, sektor pertanian seakan jalan di tempat. Penyebabnya tentunya kompleks. Namun setidaknya faktor pemanasan global dan pergeseran orientasi mata pencarian masyarakat telah menyumbang relatif banyak terhadap pudarnya semangat agraris masyarakat dan terganggunya produktivitas pangan, yang mungkin dapat mengantarkan pada kondisi krisis produksi dan ketahanan pangan nasional. 

Danrem juga menjelaskan, Kabupaten Rohil merupakan salah satu penyuplai produksi padi di wilayah Provinsi Riau yang harus dipertahankan guna meningkatkan swasembada pangan di daerah. untuk itu melalui panen raya padi seluas lebih kurang 304 ha ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan sembako di Provinsi Riau, khususnya di Kabupaten Rohil serta dapat menggugah kembali gairah bertani masyarakat pada umumnya, dan khususnya bagi masyarakat Desa Pematang Sikek Kecamatan Rimba Melintang ini. 

"Mari bersama kita dukung dan sukseskan program upsus swasembada pangan," ucap Danrem.

Mengakhiri amanatnya, Danrem juga mengajak kepada seluruh petani, untuk terus menumbuh kembangkan semangat bercocok tanam. Jangan sampai ada lagi impor beras karena negara kita merupakan salah satu negara agraria. 

"Saya harapkan, semangat tanam dan memelihara, akan menghasikan panen yang melimpah dengan didukung oleh teknologi saat ini baik dari bibit, pupuk. Sehingga hasil produksinya bisa meningkat yang insya allah dengan kemajuan pertanian akan menjadikan Kabupaten Rohil makin sejahtera di waktu yang akan datang serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,"  pungkasnya.

 Selanjutnya Danrem 031/WB bersama Forkopimda dan masyarakat melakukan panen raya secara manual secara bersama-sama. Kemudian acara dilanjutkan peresmian tempat penggilingan padi.(*/ron)

Berita Terkait

Berita Terpopuler