Kanal

UKM Forum Studi Islam FT UIR Taja Seminar Gaya Hidup Zaman Now

Pekanbaru, Hariantimes.com - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Forum Studi Islam Fakultas Teknik Universitas Islam Riau menggelar seminar bertajuk, 'Gaya Hidup Zaman Now'.

Seminar yang dilaksanakan di Auditorium Soeman Hs Fakultas Hukum UIR itu dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. 

Selain UIR, juga mahasiswa dari 
Universitas Riau, UIN Susqa, Universitas Muhammadiyah Riau.

Panitia mendatangkan dua pemateri yang mengulas tentang kehidupan mahasiswa di era kekinian. Kedua pemateri itu adalah Doni Putra Lc MHum dan Muhsin Tampubolon MPdI

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik yang juga Pembina UKM Forum Studi Islam, Ir Syawaldi MSc menyebutkan, kegiatan ini bertujuan memberikan  pemahaman keislaman kepada mahasiswa tentang gaya hidup zaman now. Selain itu, mempererat hubungan silaturrahmi sesama mahasiswa yang ada di Pekanbaru.

''Kita ingin membuka cakrawala berpikir mahasiswa tentang perkembangan ilmu pengetahuan. Juga perkembangan iptek yang dapat mempengaruhi gaya hidup mahasiswa,'' kata Syawaldi seperti yang disampaikannya kepada Kabag Humas UIR Dr H Syafriadi SH MH, Minggu (23/09/2018).

Syawaldi menilai, terjadi banyak pergeseran tentang gaya hidup mahasiswa zaman now. Jangan sampai gaya hidup yang kekinian itu menghambat proses dialektika berfikir dan kedinamisan mahasiswa dalam pencapaian keilmuan. 

''Ajaran Islam tidak melarang setiap pemeluknya adaptif dengan perkembangan. Termasuk bergaya hidup di zaman now. Tapi semua gaya hidup itu harus tetap berlandaskan pada nilai-nilai Islam itu sendiri sebagai agama yang rahmatan lil'alamiin. Ada al Qur'an dan Sunnah Rasul yang menjadi landasan pijak hidup seorang muslim,'' papar Syawaldi.

Seminar Bergaya Hidup Zaman Now yang ditaja UKM Forum Studi Islam Fakultas Teknik, ditegaskan Syawaldi, memberi pemahaman kepada mahasiswa agar mereka selalu melihat kepada realitas. Dan, gaya hidupnya tidak jauh dari nilai-nilai keislaman.

''Alhamdulillah. Peserta sangat antusias mengikuti seminar ini,''  kata Syawaldi.(rls)

Berita Terkait

Berita Terpopuler